Tebingtinggi, hetanews.com - Berprestasi dalam hal pembinaan, Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha (UWN) 2017, di Media Hotel and Towers, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta, Selasa (3/10/2017) siang.

Pemberian penghargaan kepada kepala daerah itu karena prestasinya dalam melakukan pembinaan dan mendorong  desa dan kelurahan, menjadi percontohan. Dibuktikan dengan meraih juara I Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Padang Hulu Tebingtinggi di tingkat nasional.

Penghargaan membanggakan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo diwakil Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Nata Irawan dalam rangkaian kegiatan Pekan Inovasi Nasional Desa/Kelurahan (Pindeskel) dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kemendagri RI tahun 2017.

Demikian disampaikan Kabag Pemerintahan, Syahdama Yantho kepada Kabag Humas Tebingtinggi Bambang Sudaryato, Senin (2/10/2017) petang melalui email.

Disampaikan dalam laporan Ketua Pelaksana Panitia Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Eko Prasetyanto Purnomo Putra, penerima penghargaan UWN Tahun 2017 ini, selain Wali Kota Tebingtinggi juga Bupati Pesawaran, Bupati Indramayu, Bupati Minahasa, Bupati Sikka, Bupati Badung, Bupati Sinjai dan Bupati Lombok Barat, Wali Kota Bukit Tinggi, Wali Kota Denpasar, Wali Kota Bontang, Wali Kota Kupang, Wali Kota Malang dan Wali Kota Mataram.

Mendagri dalam arahannya yang disampaikan Nata Irawan, mebyampaikan apresiasi dan selamat atas digelarnya Pindeskel dan BBGRM. 

Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintahan Nomor 37 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Penerapan inovasi daerah dilakukan penilaian dan pemberian penghargaan oleh menteri kepada pemerintah daerah. Atau pemerintah daerah pada individu dan perangkat daerah yang inovasi daerahnya berhasil diterapkan.

Hal ini di satu sisi merupakan peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintahan daerah.

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan mengaku sangat bangga atas penghargaan yang diraih Kota Tebingtinggi. Menurutnya, keberhasilannya ini tidak terlepas dari kerja keras dan usaha yang telah dilakukan. 

"Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Padang Hulu, termasuk dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat dalam upaya menjadikan Kota Tebingtinggi menjadi kota jasa dan perdagangan yang beriman, cerdas, layak, mandiri dan sejahtera dengan sumber daya manusia yang berkualitas," sebut Umar.