Simalungun, hetanews.com- Setelah sekian lama menunggu, akhirnya warga di 2 Nagori yakni Nagori Bukit Rejo dan Nagori Birung Ulu Manriah, Kecamatan Sidamanik, dapat tersenyum.

Ini setelah Pemkab Simalungun, menjawab keinginan warga di desa yang terkenal dengan buah duriannya itu.

Melalui Dinas Bina Marga, Pemkab Simalungun menyelenggarakan program peningkatan jalan jurusan Simpang Bah Birung Ulu Manriah dengan volume 475 meter x 3.00 meter.

Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor CV. Parsona Jaya, menelan dana sebesar 292.728.138,69 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Simalungun Tahun 2017, dengan masa pengerjaan 90 hari kalender

Pantauan hetanews, Senin (2/10/2017), pengerjaan baru berlangsung sekitar 3 hari lalu dan saat ini masih pada tahap pemasangan batu padas, sebagai pondasi badan jalan.

Menurut salah satu warga di sekitar lokasi proyek, jalan jurusan yang tengah diperbaiki dahulu kondisinya berlubang dan kerap tergenang ketika di guyur hujan. Padahal, jalan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan 2 Nagori.

"Jalan ini bisa dibilang jalan utama yang sering digunakan warga, kalau hujan tergenang. Cemana lah namanya jalan kampung," ucap perempuan berambut ikal yang enggan disebut namanya.

Namun di sayangkan, tim hetanews tidak menemukan satu orang pun aparat kedua Nagori tersebut untuk dimintai konfirmasi, meskipun tim telah menyambangi kantor tempat mereka bekerja.

Begitupun, tim hanya bertemu dengan salah satu tokoh masyarakat bernama Mariman. Kata Mariman, peningkatan jalan jurusan tersebut sangat bermanfaat kepada masyarakat. Pasalnya, sejak mekar 2015 lalu, baru kali ini jalan jurusan itu "tersentuh" oleh APBD Simalungun.

"Saya mengapresiasi kebijakan Pemkab Simalungun yang sudah memberikan perhatian untuk kedua desa ini. Sejak 2015 desa ini mekar, baru inilah ada pembangunan di luar Dana Desa (DD)," paparnya.

Kedepannya, Mariman berharap Pemkab Simalungun yang kini dipimpin JR Saragih, dapat merealisasikan pembangunan jalan besar Simpang Bah Birung Ulu yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

"Ya kita berharap jalan besar menuju Bah Birung Ulu diperbaiki Pemkab Simalungun bekerjasama dengan pihak PTPN IV Kebun Bah Birung. Karena jalan itu juga di gunakan sama perusahaan, sebagai akses mengangkut sawit perkebunan menuju pabrik di Bah Jambi," tandasnya.