Simalungun, hetanews.com - PT Toba Pulp Lestari melaksanakan program pengembangan masyarakat, yaitu perbaikan jalan di tiga Dea atau Nagori di Kabupaten Simalungun.

Perbaikan jalan yang dilakukan perusahaan penghasil bubur kertas itu yakni, Desa Dolok Parmonangan (Kecamatan Dolok Panribuan), Desa Jorlang (Kecamatan Jorlang Hataran) dan Desa Sihaporas (Kecamatan Sidamanik) berlangsung pada 28-30 September 2017.

Perbaikan jalan di 3 desa di sekitar wilayah konsesi PT TPL Sektor Aek Nauli di Kabupaten Simalungun ini sebagai bukti komitmen perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Selain perbaikan jalan, pelebaran jalan juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mengingat banyak kendaraan melintas dan padat aktivitas masyarakat. Perbaikan dan pelebaran jalan tersebut merupakan salah satu program pengembangan masyarakat bidang investasi sosial.

Direksi PT TPL, Mulia Nauli mengungkapkan,  jalan umum adalah infrastruktur penting bagi aktivitas pereknomian warga di tiga desa tersebut.

“Akses jalan yang baik akan menjadikan warga nyaman dan aman dalam beraktivitas. Ibi sekaligus mendongkrak produktivitas dan perekonomian masyarakat,” ujar Mulia

Pelebaran dan pembentukan jalan Sipahoras sepanjang 1,5 km dan lebar 3 meter (m). Sementara itu, untuk pelebaran jalan di jalan Jorlang Huluan dilakukan sepanjang 3 km dan lebar 3 m. Sedangkan pelebaran jalan dan pelebaran persimpangan jalan Dolok Parmonangan dengan panjang 50 meter  lebar 5 mete dan tinggi 2 meter.

 Tokoh Adat Dusun V Jorlang Huluan, Asran Sinaga menyambut baik peran serta dari pihak TPL yang memiliki wilayah konsesi Aek Nauli yang berdampingan dengan warga desa.

“Mengapresiasi TPL yang membantu memperbaiki jalan di desa kami. Jalan di desa kami jadi lebih baik dan aman untuk dilewati warga atau kendaraan bermotor yang melintas untuk pergi ke kebun, seekolah, atau pasar untuk membeli barang kebutuhan pokok,” ujar Jaulahan Ambarita.

Hal senada juga diungkapkan Tokoh Masyarakat Jorlang, Rajamin Situmorang(54). Pihaknya juga berterimakasih atas perhatian PT TPL yang memperbaiki akses jalan desa di deas mereka.

"Semua warga kini bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman,” ujar Rajamin seryq menerangkan bahwa jalan dibangun yang dibangun sejak tahun 1990 baru ini mendapat perbaikan.

"Jalan ini merupakan jalan utama untuk menuju ke Kantor Kecamatan Sidamanik" ujar Rajamin.

TPL mengerahkan sejumlah alat berat yakni, eskavator, grader, truk pengangkut batu, dan vibro roller untuk memperlebar dan memperbaiki jalan.

Sebelumnya, TPL resmi menyerahkan proyek pembangunan jalan rabat beton di Dusun Amballassang, Desa Siruar, Kecamatan Parmaksian, dan renovasi bangunan atap Masjid Al Muttaqin di Desa Lumban Gurning, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa)

Selan itu, TPL  baru-baru ini memperbaiki lampu jalan sebanyak 54 titik di Kecamatan Parmaksian.