HETANEWS

Usai Nobar Film G30S/PKI, JR Saragih Minta Indonesia harus Bersatu

Bupati JR Saragih menyampaikan pesannya usai nobar film G30S/PKI.

Simalungun, hetanews.com - Bupati JR Saragih melakukan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI bersama jajaran Pemkab Simalungun dan Pecinta JR dari Tanah Karo.

Minggu (1/10/2017) sekira pukul 19.30 WIB, Bupati Simalungun JR Saragih tiba di Auditorium T Johan Garingging, Simalungun City Hotel, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun untuk nobar film G30S/PKI. 

Setelah kurang lebih 4 jam menonton film tersebut, dirinya pun meminta kepada masyarakat untuk senantiasa membuat Indonesia khususnya Simalungun harus bersatu.

"Kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus menjadikan Indonesia harus bersatu dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan Indonesia," ucap JR Saragih.

Menurutnya, masyarakat Indonesia harus bersama-sama melakukan gotong royong guna menjaga kesatuan Indonesia.

"Membangun Indonesia termasuk Kabupaten Simalungun bukan seperti membalikkan telapak tangan melainkan harus saling bahu-membahu bukan karena kekuatan. Bahkan agama bukan salah satu pemisah tali persaudaraan melainkan masyarakat bisa memahami betul bagaimana mencintai bangsa ini sehingga ada rasa memiliki," tambahnya.

Karena itu, dirinya juga mengatakan kepada semua masyarakat untuk selalu mencintai Indonesia dengan seutuhnya, maka dengan cara ini bisa saling memiliki meskipun mempunyai keberagaman suku, budaya dan agama.

"Biar pun berbeda maka kita harus menyatu, ada rasa tolong menolong dan Pancasila jangan dianggap sebatas upacara maupun ceremonial saja melainkan bagaimana mengaplikasikan kepada kehidupan sehari-hari," bebernya lagi.

Tak itu saja, orang nomor 1 di Kabupaten Simalungun ini memberikan apresiasi kepada TNI yang telah menggugah hati masyarakat khususnya di Kabupaten Simalungun.

"Masyarakat telah kehilangan arah karena sesungguhnya tidak tahu apa yang terjadi di tahun 1965, setelah melihat film tersebut terlihat bagaimana para jenderal berjuang buat Indonesia," urainya.

Agar tidak terjadi perpecahan, maka JR Saragih meminta agar masyarakat terus bersatu guna senantiasa melestarikan budaya Tanah Air dengan demikian kekayaan Indonesia akan terus terjaga dengan baik.

"Melalui budaya maka akan ada rasa saling menghargai, jangan melihat dari sisi keagamaan karena akan ada keterbatasan. Berbeda bila dilihat dari sisi budaya yang tidak melihat siapapun, maka ini harus dilestarikan bukan bicara saja melainkan budaya harus menjadi nomor satu dan memiliki komunikasi satu sama lain," tutupnya.

Penulis: tim. Editor: aan.