HETANEWS

Pengunjung Bawa Sabu ke Lapas Binjai, Kemenkumham: Lakukan Pengawasan Ketat

Siantar, hetanews.com - Kantor Kementerian Humum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara terus melakukan pengawasan ketat demi mengantisipasi penyelundupan narkoba dan barang haram lainnya.

Sebab, pada Senin (25/9/2017) lalu petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIA Binjai berhasil menggagalkan perbuatan seorang ibu rumah tangga berinisial ES (45) warga Jalan Jati, Binjai, yang coba menyelundupkan sabu seberat 9,96 gram dengan cara dimasukkan ke dalam bungkusan pasta gigi.

"Terus bermunculannya modus baru penyelundupan narkoba, maka kita akan terus lakukan pengawasan secara ketat. Karena setiap harinya modus model baru untuk menyelundupkan narkoba akan terjadi," kata Humas Kemenkumham Sumut, Josua Ginting, Minggu (1/10/2017).

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh petugas Rutan dan Lapas di Sumut agar jeli dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh pengunjung yang hendak menemui warga binaan dengan memeriksa seluruh barang bawaan mereka.

"Disini kita diminta untuk melakukan pengawasan ekstra, agar penyelundupan narkoba dan barang yang dilarang lainnya tidak sampai masuk ke dalam Rutan dan Lapas," jelasnya.

Berdasarkan informasi, ES yang hendak menjenguk anaknya yang tengah menjalani hukuman. Ketika dilakukan pemeriksaan petugas lalu mencurigai barang bawaan ES.

Selanjutnya petugas menemukan sabu yang dikemas rapi di dalam bungkusan pasta gigi. Sabu tersebut diduga diselundupkan untuk dapat diedarkan di dalam Lapas Klas IIA Binjai.

Menurut pengakuan ES, barang haram tersebut merupakan titipan seseorang kepadanya. Demi mempertanggung jawabkan perbuatannya, maka ES beserta barang bukti dibawa ke Polres Binjai untuk menjalani penyelidikan dan proses hukum.

"Proses hukumnya kita serahkan ke pihak berwajib. Termasuk pengembangannya," ungkap Josua.

sumber: tribunnews.com

Editor: aan.