HETANEWS.COM

ASN Pemkab Karo Ikuti Pelatihan Pedoman Standar Administrasi Pemerintahan

Sekdakab, Kamperas Terkelin Purba, saat membuka pelatihan, di Grand Orri Hotel, Berastagi, Rabu (27/9/2017).(foto/charles)

Karo, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Badan Kepegawaian Karo, menyelenggarakan Diklat Pedoman Standar Operasional (SOP)  Administrasi Pemerintahan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional (SOP) Administrasi Pemerintahan dan menjamin keseragaman implementasinya.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekdakab, Kamperas Terkelin Purba, di Grand Orri Hotel, Berastagi, Rabu (27/9/2017).

Diklat ini diikuti 49 peserta diantaranya, pejabat Eselon III dan IV dari setiap OPD yang membidangi kepegawaian dan tata laksana organisasi, dengan narasumber Kepala Bidang Asesmen dan Penyiapan Politik, Hukum dan Keamanan dan Pemerintah Daerah Kemenpan RB, Erni Herawati dan dari Kantor Regional VI BKN Medan.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain, tentang pentingnya SOP sebagai media untuk mengkomunikasikan sekaligus menyanakan persepsi antara berbagai pihak dalam sebuah organisasi serta SOP sebagai media pengendalian dan pemantauan mutu kinerja pada suatu unit kerja, menghindari konflik atau saling lempar tanggung jawab yang dapat berakibat pada menurunnya pelayanan dan kinerja organisasi.

“Melalui pelaksanaan diklat ini, diharapkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Karo memiliki kemampuan dalam menyusun Standard Operational Prosedural (SOP), di masing-masing insatansi sebagai pedoman standar dalam bekerja di semua unit kerja. Sehingga setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, cepat, tepat, efektif dan efesien,” ujar Sekda.

Begitu juga untuk mempersiapkan SDM yang mampu menyusun dan megimplementasikan SOP terutama pada para unsur aparatur yang ada dalam institusi perangkat daerah yang dapat memahami SOP sebagai pedaoman di unit kerja masing-masing.

“Untuk itu dimohon kepada para peserta agar mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh dengan mencermati setiap materi yang disampaikan dan berharap dapat memahami tata cara dan mampu menjadi motor penggerak dalam menyusun SOP di OPD masing-masing untuk memberikan pelayanan yang maksimal,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Mulianta Tarigan, Sekretaris BKD, Teopilus Suranta Tarigan dan Kabag Humas dan Protokol, Djoko Sujarwanto.

Penulis: charles. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan