HETANEWS.COM

Willy: PD Itu Bukan Coba-coba Melainkan Meningkatkan PAD

Willy Sidauruk.

Siantar, hetanews.com - Terkait permasalahan di Perusahaan Daerah (PD) khususnya Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) yang menunggak retribusi pasar sebanyak Rp 3 miliar dan gaji pegawai selama 2 bulan menjadi pertanyaan besar.

Sebab salah satu tujuan utama dibentuknya PD adalah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Salah seorang pengamat, Willy Sidauruk menyebutkan, bahwa tujuan utama dibentuknya PD adalah untuk meningkatkan PAD di Kota Siantar.

"PAD itukan nantinya meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Nah, APBD itu nantinya digunakan untuk pembangunan atau program-program pemerintah yang langsung berhubungan ke masyarakat, jadi tujuan dibentuknya PAD adalah untuk meningkatkan kemajuan Kota Siantar," ucapnya, Rabu (27/9/2017).

Selain peningkatan PAD, Willy juga menyebutkan, bahwa PD juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam hal menambah lowongan kerja.

"PD juga sengaja dibentuk untuk meningkatkan lapangan kerja, sehingga membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran," katanya. 

Namun yang terjadi saat ini, kata Willy, di luar tujuan berdirinya PD, seperti yang terjadi di PDPHJ.

"Ini bukan membantu pemerintah malah menambah beban pemerintah, ada berapa banyak pegawai PDPHJ, bagaimana kehidupan mereka jika tidak digaji, inikan jadi menambah beban pemerintah," katanya. 

Ditambah lagi seperti yang disebutkan anggota DPRD dari Komisi II, Rini Silalahi, bahwa PDPHJ menunggak tagihan retribusi pasar sebesar Rp 3 miliar.

"Kenapa sampai sebesar itu, berarti ini kan ada masalah, kenapa sampai pedagang tidak mau bayar, dan apa solusinya. Inikan tidak ada diberikan oleh direksi," sebut Willy 

Willy menyebutkan, seharusnya dalam memilih seorang direktur utama (Dirut) di PD, pemerintah harus melihat apa saja visi misi dari Dirut tersebut untuk memajukan perusahaan tersebut.

"Dari awal terbentuknya, apakah tidak ada kajian ilmiah dari Dirut soal bagaimana kalau perusahaan merugi, apa solusinya. Itukan tidak ada, jadi bagaimana perusahaan mau maju," ucapnya. 

Oleh sebab itu, Willy menyebutkan, bahwa PD dibentuk bukan bahan coba-coba saja, melainkan bertujuan untuk meningkatkan PAD dan membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

"PD itu bukan coba-coba, melainkan peningkatkan PAD dan mengurangi angka kemakmuran. Artinya harus ada kajian-kajian ilmiah dari dirut atau direksi soal masalah-masalah yang akan mereka hadapi," sebutnya. 

Ditambahkannya, bahwa Wali Kota Hefriansyah tidak menganggap hal ini sebagai suatu hal yang serius, sehingga permasalahan PDPHJ tidak pernah selesai.

"Kalau lah Wali Kota menganggap ini serius, mungkin masalah itu sudah selesai, dengan mencari solusinya. Inikan, katanya beliau hanya sibuk ngurusi proyek, jangan karena basic beliau kontraktor jadi yang diurusi proyek aja. Masalah PDPHJ itu masalah meningkatkan kesejahtraan masyarakat loh, beliau harus segera selesaikan ini," tegasnya.

Penulis: tom. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan