HETANEWS.COM

Bupati Simalungun Letakkan Batu Pertama Pembangunan PKS PT SBSJJ Hatonduhan

Bupati Simalungun, JR Saragih melalui Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga meletakkan batu pertama pembangunan PKS.(foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Bupati Simalungun, JR Saragih melalui Wakil Bupati Simalungan, Amran Sinaga, Rabu (27/9/2017), didaulat meletakkan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT Sumber Bumi Sawit Jadi Jaya (SBSJJ), di Huta IV Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan.

Wakil ketua DPRD, Rospita Sitorus meletakkan batu pembangunan PKS.(foto/zai)

Turut hadir pada pembangunan PKS berkapasitas produksi 30 ton per jam tersebut, Wakil Ketua DPRD Simalungun, Rospita Sitorus. Ketua Komisi I, Sastra Joyo Sirait beserta Sulaiman Sinaga, Thombak Siagian, dan Bona Uli Rajagukguk.

Juga,  Camat Hatonduhan Mariaman Samosir, Sekdes Nagori Buntu Bayu, Pangulu Nagori Tangga Batu, dan sejumblah tokoh. Seperti tokoh masyarakat, Januar Sinaga, agama dan tokoh pemuda. Diantaranya, ketua FKPPI Kecamatan, dan Ketua PAC PP Hatonduhan.

Ketua komisi I, Sastra Joyo Sirait turut meletakkan batu pembangunan PKS.(foto/zai)

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Simalungun,  Amran Sinaga mengatakan, bahwa pemerintah sangat gembira atas adanya pembangunan ini. Karena, siapa pun sepanjang bisa mendukung peningkatan ekonomi di Kabupaten Simalungun.

"Yang pentingnya, tidak melanggar aturan aturan yang berlaku. Karena sektor perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Simalungun ini sangat luas. Kalau tidak salah, di Simalungun ini baru ada 6 PKS milik PTPN dan 5 PKS milik swasta," bilangnya.

Sebagaimana disampaikan tokoh masyarakat, agama, dan tokoh pemuda, Wakil Ketua DPRD Simalungun, Rospita Sitorus mendukung sehingga 1.500 ton per hari kelapa sawit Simalungun yang dibawa ke Kabupaten Asahan akan dapat dikelola di Simalungun.

Anggota komisi I, Bona Uli Rajagukguk saat meletakkan batu pembangunan PKS.

"1.500 ton perhari sebelumnya kita bawa ke Asahan, dengan berdirinya PKS ini, kita harapkan milik Simalungun dapat diolah di Simalungun ini juga. Yang artinya kedepan akan meningkatkan PAD Kabupaten Simalungun dan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Oleh sebab itu, sambungnya, pihaknya berjanji akan mengendos atau mempresor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun untuk memberikan kemudahan dalam hal pemberian ijin yang sesuai prosedur. Dan tidak lupa pihaknya menghimbau agar investor membuatkan instalasi.

Mewakili PT SBS, pimpinan CV Bona Tani, Tumpak Rajagukguk saat meletakkan batu pembangunan PKS.

"Limbah, dan harus memperiotaskan tenaga tenaga pekerja khususnya di Kecamatan Hatonduhan sesuai skil yang dimiliki masing masing. Dengan begitu, bisa ekonomi perkapita meningkat dan meningkatkan PAD Kecamatan Hatonduhan," sebut Rpspita.

Mewakili investor (PT SBSJJ), pimpinan CV Bona Tani, T Rajaguguk mengatakan akan melaksanakan semua pengharapan pengharapan yang disampaikan para tokoh tokoh, setelah pelaksanaan pembangunan PKS tersebut rampung dikerjakan 100 persennya.

Penulis: zai. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!