HETANEWS.COM

Penganiaya Hansip PTPN IV Mayang Diganjar 8 Bulan Penjara

Tedakwa Jakil Sitorus beberapa waktu lalu saat mendengarkan keterangan saksi. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Jakil Sitorus alias Genjet (32), terbukti melakukan pengeroyokan dan penganiaya terhadap saksi korban Misnan Sirait, seorang petugas hansip di PTPN IV Unit Kebun Mayang, diganjar 8 bulan penjara, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (27/9/2017).

Vonis majelis hakim pimpinan Hendrawan Nainggolan tersebut, lebih ringan dari tuntutan jaksa Christianto Situmorang, yang semula menuntut pidana penjara selama 1 tahun 2 bulan. Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melnggar  pasal 351 ayat (1) jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Pengeroyokan dan penganiayaan itu dilakukan terdakwa bersama-sama dengan Willy Sinaga (DPO), Guntur Sinaga (DPO) dan Ilham Sitorus (DPO), pada Senin, 12 Desember 2016, pukul 23.00 WIB, di AfdelingV PTPN IV Mayang, Nagori Parbutaran, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun.

Berawal dari adanya permasalahan antara saksi Togu Panjaitan (centeng) yang menasehati Willy Sinaga dan kawan-kawannya untuk tidak melakukan pencurian buah kelapa sawit milik perkebunan. Dan saat itu Togu Panjaitan dianiaya kawanan Willy Sinaga.

Kemudian Togu Panjaitan melaporkan perbuatan Willy tersebut kepada petugas keamanan kebun (papam).   

Merasa tidak senang, kemudian komplotan Willy Sinaga, mendatangi pos penjagaan di Palang Puntung Kebun Mayang. Melihat datangnya komplotan tersebut, saksi korban Misnan Sirait yang saat itu sedang bertugas malam merasa takut dan menghidupkan sepeda motor dengan tujuan menyelamatkan diri.

Saat itulah terdakwa Jakil Sitorus alias Genjet, memukul bagian kepala korban dengan sepotong kayu, sehingga terjatuh.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh tersangka Ilham Sitorus alias Mambal (DPO), menghantamkan batu ke kepala Misnan Sitorus hingga mengalami luka.   

Tidak berapa lama, saksi Ahmat Zaelani Nasution selaku Papam Kebun Mayang datang lalu menyelamatkan Misnan dan membawa korban ke Rumah Sakit (RS) Laras Simalungun.

Hasil visum menyimpulkan luka yang diderita Misnan Sirait, robek di bagian kepala kiri, luka robek di bagian mata kiri, luka lembam di mata sebelah kanan akibat benda tumpul. Visum itu dibuat dan ditandatangani dr M Hanafi Batubara Nomor: RS.Lar/Keterangan/03/XII/2016.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan