HETANEWS.COM

Sejumlah Badan Jalan di Jalan Mara Rusli Kisaran Rusak Parah

Truk bermuatan batu kerikil yang mengalami patah as saat melintas di jalan Mara Rusli. Foto direkam pukul 11.20 WIB, Rabu (27/9/2017).(foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Sejumlah badan jalan di Jalan Mara Rusli, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan rusak parah. 

Kerusakan badan jalan itu diduga akibat seringnya dilalui truk pengangkut kayu dan truk lainya. Akibatnya badan jalan rusak dengan diameter kerusakan yang bervariasi. 

Kepada getanews, Rabu (27/9/2017), Kepala Bidang (Kabid) Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Asahan, M  Ginting mengatakan, terkait rambu-rambu menjadi tugas Kabid Sarana, namun terkait truk yang lalu lalang tetap dilakukan penertiban.

Kata Ginting, pihaknya tidak bisa standbye 24 jam untuk mengawasi lokasi jalan yang dilalui truk tersebut akibat kekurangan personil. 

Sementara itu, anggota DPRD Asahan, Irwansyah Siagian mengatakan, agar lebih teliti meletakkan rambu-rambu larangan juga peraturan yang ditetapkan terkait batas dan  jenis kendaraan yang masuk wilayah kota.  

Masyarakat sekitar menanam beberapa batang pohon, menunjukan kekesalan mereka pada pihak Pemkab Asahan
akibat badan jalan yang rusak parah.(foto/heru)

"Kita berharap pemerintahan daerah jeli menetapkan aturan yang menjadi peraturan baku, sehingga apa yang  diterapkan seperti rambu  yang dipasang tidak jadi polemik. Dan peraturan yang  dibuat  bukan untuk dilanggar,“ ujar anggota dewan dari Partai Demokrat ini. 

Terpisah, Ketua Pekat- IB, Syaid Muhsyi, mengharapkan agar dengan kejadian yang terus berulang ini, Bupati Asahan dapat bertindak tegas dan  truk-truk tersebut tidak sesuka hati melintas. 

"Bupati harus mengambil keputusan dengan memerintahkan instansi yang berkompeten akan hal itu dan tegas," ujar Syaid. 

Menurut Syaid , ada dua hal dengan masuknya truk tersebut ke wilayah lintasan yang dilarang melintas.

Pertama membahayakan pengguna jalan lainnya dengan badan truk yang cukup besar. Lalu tonase truk yang berlebih atau over kapasitas, sehingga badan jalan tidak mampu menahan beban bawaan truk tersebut.

Sementara itu, warga sekitar yang mengaku bernama Ari menuturkan, warga risih melihat truk-truk itu lalu lalang.

"Memang di sekitar Jalan Marah Rusli ini, ada beberapa gudang penyimpanan seperti, penyimpanan makan ringan dan pupuk, bahkan ada kilang kayu yang truk-truknya seleweran melintas," ujar Ari. 

Sementara itu pantauan hetanews, kerusakan badan jalan  yang memprihatinkan itu, tepat berada di depan perumahan Taman Mutiara Indah. Lalu depan komplek perumahan pegawai Pengadilan Negeri (PN) Kisaran dan di beberapa titik lainnya. 

Penulis: heru. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan