HETANEWS.COM

Mencari Sosok Sekda Siantar yang Sesungguhnya

Catatan: Tom

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar saat ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Dan untuk Plt sudah 2 orang menduduki jabatan tersebut, yakni, Reinward Simanjuntak yang kemudian digantikan oleh Resman Panjaitan.

Dan saat ini, Pemko Siantar membuka pendaftaran seleksi Sekda defenitif.  Dari jadwal pendaftaran tanggal 20 September, terpaksa diundur hingga tanggal 5 Oktober dikarenakan belum adanya yang ikut mendaftar menjadi Calon Sekda.

Beberapa sosok pejabat Pemko Siantar santer disebut-sebut akan menjadi Sekda defenitif diantaranya Resman Panjaitan. Namun kemudian nama ini sempat dibicarakan di DPRD Siantar pada saat Komisi I DPRD Siantar menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat.  

Namun tanggapan dari DPRD Siantar sedikit berbeda, mereka menyebutkan Resman tak pantas jadi Sekda, sebab umurnya yang sudah di ambang batas.

Selain umur, latar belakang pendidikan atau disiplin ilmu Resman juga dianggap tidak layak menempati posisi jabatan itu yaitu dari keguruan.  

Hal ini sangat kontras dengan jabatan Sekda. Sebab jabatan Sekda memiliki tugas penyusnan kebijakan, pengkoordinasian pelaksanaan tugas satuan kerja perangkat daerah (SKPD), pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara pada instansi daerah, pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Wali Kota terkait dengan fungsinya. 

Bagaimana dengan Reinward Simanjuntak yang juga sempat mengisi jabatan Plt Sekda? Reinward dari sisi umur memang masih layak menjabat sebagai orang nomor satu birokrasi di Kota Siantar.

Namun hal ini mungkin dapat terpatahkan dengan kabar yang menyebutkan, bahwa Reinward tidak cocok dengan Wali Kota Siantar, Hefriansyah. Hal ini terlihat dengan digantikannya dirinya sebagai Plt Sekda. 

Selain itu, dari kedua orang yang sempat menjabat Plt Sekda, ada juga pejabat Pemko yang disebut-sebut sudah pernah melakukan Diklat Kepemimpinan (PIM) III yakni Akhir Harahap yang saat ini menjabat sebagai Assisten II Kota Siantar, namun sama halnya dengan Resman, Akhir Harahap memiliki umur yang sudah diambang batas. 

Jadi siapakah yang akan menjadi Sekda Kota Siantar? Dengan adanya peraturan PP Nomor 18 untuk melakukan lelang jabatan, besar kemungkinan akan ada calon yang berasal dari luar Kota Siantar.

Apakah yang nantinya menjadi Sekda Siantar adalah orang yang berasal dari luar Kota Siantar? Mari kita tunggu jawabannya. 

Penulis: tom. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan