HETANEWS.COM

JR Saragih Adalah Harapan Masyarakat Simalungun untuk Memimpin Sumut

Salah seorang ibu saat memberikan dukungan moril dan petuah pada JR Saragih. (Dok: @semangatbarujr)

Simalungun, hetanews.com - Berangkat dengan majunya JR Saragih menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara dirasa telah membuka lebar lembaran sejarah baru bagi etnis Simalungun.

Tercatat, belum ada satu namapun dari etnis Simalungun yang pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara. 

Meskipun Bupati Simalungun dikenal sebagai pemimpin yang dapat mengayomi segala kalangan, kehadiranya dalam ikut bursa calon Gubernur Sumatera (Gubsu) pada Pilkada serentak nanti, satu sisi diharapkan akan mewakili masyarakat etnis Simalungun sebagai corong yang mendampingi aspirasi mereka. 

"Kalau membaca masa lalu, tentang darimana figur pemimpin Sumut datang, dan dari mulai Provinsi Sumatera Utara berdiri, belum ada nama (Gubernur) yang berasal dari Simalungun," ungkap J Purba menanggapi, kemarin.

Purba menilai, Semangat Baru Sumut yang getol digaungkan oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sumut itu, satu sisi merupakan perjuangan membuka lembaran sejarah baru di Provinsi Sumatera Utara. Karena ada putra daerah Simalungun yang mewakili Simalungun mencalonkan diri.

Dengan itu, artinya masyarakat Simalungun di berbagai daerah boleh berbangga hati, dan seraya bersatu untuk memberikan dukungan.

"Tentu saat ini, itu (Pilgub) menjadi peluang bagi orang Simalungun untuk memimpin provinsinya. Dari dulu, kita belum begitu menyadari, kalau ini adalah satu kesempatan bagi kita," sambungnya.

Menurutnya, yang menjadi pertanyaan yang mengganjal apakah setiap etnis Simalungun benar benar memberikan dukungannya kepada JR Saragih yang mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatera Utara?

Padahal dibalik itu, dilihat potensi JRSaragih, dirinya punya peluang besar dengan segala potensi yang dimilikinya. Berbeda dengan pemilihan sebelumnya, belum ada pemimpin dari Simalungun yang diyakini layak untuk menjadi Gubernur.

"Permasalahannya sekarang adalah, apakah orang Simalungun di Sumatera Utara ini mendukung beliau? Potensi JR Saragih untuk memimpin jelas ia punya. Berbeda dengan sebelumnya, belum ada orang Simalungun yang layak menjadi Gubernur," ketus pria berdarah Simalungun ini.

Dengan adanya Semangat Baru ini, J Purba berharap itu menjadi sebuah motivasi yang besar bagi orang Simalungun untuk mengangkat martabat Simalungun di Provinsi Sumatera Utara. Terlepas nantinya siapapun yang terpilih menjadi Gubernur, masyarakat harus tetap menghormati siapa pemimpinnya.

J Purba menambahkan, hal ini bukan semata membangkitkan semangat kesukuan atau menepikan suku lain di Sumatera Utara. Sebab, kekayaan budaya di Sumatera Utara setidaknya menjadi harapan yang baru bagi setiap etnis untuk meraih kesempatan sebagai pemimpin.

Apalagi tujuanya memberikan apa yang terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat di Sumatera Utara.

"Semoga harapan itu menjadi kenyataan. Salam buat calon Gubernur dari Simalungun," imbuh warga Kecamatan Siantar ini.

Penulis: tim. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan