HETANEWS

Mau ke Danau Toba Terkendala Jalan Berlubang, Ini Solusinya

Kondisi jalan alternatif menuju Danau Toba tepatnya di Nagori Silaba Jaya yang dibangun Pemkab Simalungun.

Simalungun, hetanews.com - Akses jalan yang buruk, kerap menjadi kendala bagi pengunjung menuju lokasi wisata Danau Toba.

Tak jarang keadaan itu menuai kritik pedas terhadap Pemkab Simalungun yang dinilai seharusnya menyediakan sarana jalan yang layak.

Menanggapi sanggahan dari berbagai kalangan, Pemkab Simalungun di bawah pimpinan JR Saragih, sampai saat ini terus mengebut perbaikan jalan menuju lokasi wisata Danau Toba. Ini sebagai upaya menjawab permintaan warganet yang sudah resah atas kondisi jalan berlubang.

Namun, anda tidak perlu merasa cemas karena masih ada jalur alternatif lain yang kondisinya sangat baik. Jalur itu tepatnya berada di Jalan Besar Tigaras, Nagori Silaba Jaya.

Untuk dapat melintasi jalur alternatif ini, anda harus memilih Jalan Siantar-Saribu Dolok hingga sampai di Simpang Raya, tepatnya di sekitaran perkebunan kelapa sawit unit Marjandi.

Tentunya pembaca akan melontarkan pertanyaan, jika lewat rute yang dimaksud apakah wisatawan dapat menikmati hamparan perkebunan teh?

Jawabannya tentu iya, dikarenakan wisatawan juga dapat menikmati panorama perkebunan teh Sinaman, yang tidak kalah menariknya dengan perkebunan teh Bah Butong.

Bahkan, penelurusan tim hetanews pada Senin, (18/9/2017) di sekitaran Perkebunan Sinaman, menemukan sebuah kubangan berbentuk sebuah danau eksotik.

Danau eksotik di tengah perkebunan teh Sinaman.

Warga sekitar lokasi menyebut danau itu terbentuk secara alami dari endapan air hujan hingga membentuk sebuah danau yang memikat mata siapapun yang memandangnya.

Jadi, selain terhindar dari kemacetan lalu lintas disebabkan jalur alternatif Sidamanik yang belum rampung diperbaiki, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam Simalungun melalui jalur alternatif Tigaras.

Pantauan hetanews, sekitar 20 km dari Simpang Raya, kondisi jalan terlihat baik dan sangat layak untuk dilintasi. 

Meskipun di beberapa titik ada kerusakan kecil, namun itu lebih baik dijadikan pilihan jalan bagi wisatawan untuk menuju kawasan pesisir barat Danau Toba, di antaranya objek wisata Bukit Indah Simarjarunjung (BIS).

Menurut warga sekitar bermarga Sihaloho, jalan tersebut sudah diperbaiki oleh Pemkab Simalungun sejak tahun 2016 lalu.

Sihaloho menuturkan, dahulunya jalan itu kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal selain rute menuju Danau Toba, jalan itu juga sebagai akses utama warga menuju Kota Siantar ataupun sebaliknya.

"Syukurlah sudah diperbaiki ini, dulu parah kali bang. Kami yang ke Siantar harus hati-hatilah. Mantap juga JR Saragih ini. Saya pikir dia enggak perduli, rupanya diperhatikannya kami ini bah," ucapnya dengan logat bahasa Batak.

Penulis: tim. Editor: aan.