HETANEWS

Cor Ready Mix Jalan Pane, Dijadikan OTK Sebagai 'Papan Tulis' dan Tanam Pohon

Pohon melinjo yang ditanam di atas cor readmix Jalan Pane. (foto : Zai)

Siantar, hetanews.com - Cor ready mix yang dilakukan saat hujan turun deras pada Jumat (15/9/2017) sekira pukul 21.00 WIB di Jalan Pane, Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur dijadikan oleh orang tidak dikenal (OTK) sebagai 'papan tulis' dan tanam sebatang pohon. 

Baca: Curah Redimix Hujan Deras, PPTK Pelebaran Jalan Pane Diduga Main Mata

Kuat dugaan itu terjadi karena adanya mosi tidak percaya dari masyarakat pengguna jalan mengingat cor beton ready mix tersebut hingga, Sabtu (16/9/2017) sekira pukul 09.00 WIB tak kunjung mengering dan memberi peluang melakukan aksi tak bertanggung jawab.

Adanya mosi tidak percaya dari masyarakat pengguna jalan pada dinas terkait penyelengaaraan kegiatan, karena melakukan pembiaran di cor saat hujan turun deras, dan kuat dugaan beton tersebut akan mengalami retak dalam.

Bentuk tulisan di atas cor ready mix Jalan Pane. (foto: Zai)

Pasalnya, fakta di lapangan pengecoran dilakukan tidak menggunakan bekisting yang kuat. Sehingga selama proses pengeringan terjadi perubahan struktur (dettlement). Sementara diketahui prooses persiapan untuk ready mix haruslah tuntas sebelum dicor.

Mengingat, ready mix adalah beton yang sudah siap untuk digunakan tanpa perlu lagi dilakukan pengolahan di lapangan. Dan penggunaan ready mix adalah untuk dapat mempercepat pekerjaan dan hemat waktu dengan kualitas beton tetap terjaga.

Tambunan, salah satu warga sekitar menuturkan, bahwa pengecoran ready mix dalam rangka memperlebar badan Jalan Pane merupakan proyek yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemko Siantar.

Kondisi pengerjaan pelebaran badan Jalan Pane yang belum mengering. (foto: Zai)

"Sebelum dikerjakan, plang proyek ini terlihat dipajang di halaman salah satu rumah warga. Persis di persimpangan Jalan Vihara. Tapi sepertinya sudah tidak ada lagi terpajang di sana, mungkin sudah diambil oleh pelaksana kegiatan," ujar Tambunan dalam bahasa daerah.

Adapun nama-nama yang tertera di atas permukaan cor ready mix itu diantaranya, Ruth, Tasya, Dezinka, Suryani dan Marintan.

Sementara sebatang pohon ditanam di atas cor ready mix itu diduga tanaman sejenis pohon melinjo.

Penulis: zai. Editor: aan.