HETANEWS.COM

Oki Doni Buka Pemberdayaan KIM

Wakil Wali Kota Tebingtinggi, Oki Doni Siregar saat mengikuti pemberdayaan KIM.

Tebingtinggi, hetanews.com - Wakil Wali Kota Oki Doni Siregar secara resmi membuka pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) kabupaten/kota tahun 2017, Rabu (13/9/2017) di Gedung Balai Kartini.

Ini Doni mengatakan, dengan melihat dinamika perkembangan masyarakat, kini menuntut pemerintahan untuk selalu dinamis dan berinovasi dalam menjalankan fungsi pemerintahannya.

"Salah satu tuntutan dan kewajiban Pemerintah khususnya Pemko Tebingtinggi saat ini adalah menjamin dan meningkatkan kualitas sistem demokrasi. Karena pilar demokrasi terpenting saat ini adalah membentuk pola good governance yang melibatkan peran aktif masyarakat,” ujarnya.

Oki juga mengatakan, sejak bergulirnya sistem otonomi daerah dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem informasi daerah, karena hal penting dalam mendukung pemebangunan di daerah, khususnya Kota Tebingtinggi, salah satunya meningkatkan pemeberdayaan kelompok informasi masyarakat.

Melihat peluang tersebut, Kota Tebingtinggi sangat memerlukan adanya pemberdayaan masyarakat dengan memngembangkan paradigma komunikasi dengan masyarakat (communication with the people). 

KIM adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya. Kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Oki atas nama Pemko Tebingtinggi, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumut dan Kepala Dinas Kominfo Provsu yang telah menunjuk Kota Tebingtinggi menjadi tempat sosialisai pemberdayaan KIM ini.

Selanjutnya Mhd Fitrius, Kadis Kominfo Sumatera Utara, selaku narasumber menjelaskan, yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah agar terciptanya pengembangan pemberdayaan KIM secara terus menerus dalam pengembangan SDM, terciptanya kordinasi, integrasi dan sinkronisasi secara terpadu serta berkesinambungan.

"Terciptanya peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampai informasi dan penyalur aspirasi rakyat," katanya.

Sebelum selesai kegiatan, dilakukan  penandatanganan sinergi gerakan anti Hoax oleh KIM Kota Tebingtinggi  dan Dinas Kominfo Provsu yang disaksikan Wakil Wali Kota Tebingtinggi, Kadis Kominfo Provsu serta pejabat terkait.

Penulis: tim. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!