HETANEWS.COM

Timbul Jaya Sibarani: Dadang Kan Anggota Dewan, Pasti Tau Aturan

Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani. (foto : Zai)

Simalungun, hetanews.com - Adanya proyek Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2017 di Nagori Parbalogan, Kecamatan Tanah Jawa, tepatnya di kavlingan perumahan milik Dadang Pramono, Anggota DPRD Simalungun, ditanggapi serius oleh Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Jumat (8/9/2017).

Ditegaskan Timbul, bahwa Dadang Pramono, merupakan anggota dewan, sehingga bersangkutan sudah pasti tau aturan. “Dadang kan anggota dewan pasti dia  sudah tahu aturan,” ujar Timbul seakan mengingatkan Dadang Pramono, bahwa dia adalah Anggota DPRD sehingga harus hati-hati bertindak.

Baca Juga: Mengejutkan, Oknum DPRD Simalungun Ngaku Diperintah Pangulu Menelepon Wartawan

Menurut Ketua DPD Golkar Kabupaten Simalungun ini, dana desa sudah jelas aturan dan perundan -undangannya. Sehingga dengan adanya informasi, bahwa proyek dana desa ada di kavlingan perumahan, maka yang harus dilakukan adalah pengawasan dan bila perlu dievaluasi jika memang menyalahi.

Baca Juga: Proyek Dana Desa di Kavlingan Dadang, Ketua Fraksi Golkar Desak DPM PN Tarik Anggarannya

"Namun kalau sepanjang tidak menyalahi aturan maupun perundang-undangan, maka boleh-boleh saja," kata Timbul yang mengaku belum tahu persis letak proyek dana desa tersebut.  

"Mungkin maksud ketua fraksi kami (Sugiarto) menilai bahwa anggaran itu patut ditarik, karena adanya informasi yang masih sepihak. Untuk itu, kita mintakan pihak Inspektorat dan DPM PN untuk segera melakukan pengawasan dan bila perlu dievaluasi jika menyalahi. Karena, merekalah yang melakukan pengawasan," ujar Timbul.

Baca Juga: Proyek Dana Desa di Kavlingan Perumahan, Komisi I Didesak Panggil Camat dan Pangulu Nagori

Secara umum, lanjutnya, bahwa penggunaan dana desa harus diawasi dan dikontrol sehingga penggunaan dan pemanfaatannya sesuai dengan ketentuan dan aturan.

“Karena Pak Dadang S Pramono adalah anggota DPRD Simalungun. Tentu dia itu memahami aturan. Dan mudah-mudahan pangulu sudah bekerja sesuai ketentuan yang berlaku. Bukan artinya, saya menilai tidak adanya penyalahgunaan jabatan, tapi karena saya tidak tau lokasi, dan bagaimana pengusulan proyek dana desa itu,” tandasnya.

Baca Juga: Kavlingan Milik Oknum Dewan Simalungun Dipastikan Harganya Melangit, Ini Alasannya

Ditegaskan, ada tahapan penggunaan dana desa. Yaitu harus ada musyawarah desa (mudes). Apakah itu juga masuk dalam APBDes. “Jadi saya tidak bisa menyatakan itu melanggar atau tidak karena saya belum tau persis. Kita berharap dinas terkait supaya diawasi. Ya diawasi aja. Tentu saya kan tidak perlu lagi mengajari ayam bertelur,“ kata Timbul mengakhiri konfirmasi

Penulis: zai. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!