HETANEWS

RSU Tanjung Balai Terbengkalai Sejak 7 Tahun Lalu

Kondisi RSUD Tanjung Balai tampak rusak parah.(foto/ferry)

Tanjung Balai, hetanews.com - Rumah Sakit Umum (RSU) type c yang berada di Jalan Kartini, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai yang dibangun pada tahun 2008 lalu dengan menggunakan dana APBD Tanjung Balai kondisinya rusak parah dan terbengkalai.

Dihentikannya pembangunan rumah sakit itu sejak 7ahun lalu, sehingga kini keadaannya seakan tidak terawat dan terbengkalai.

Bangunan rumah sakit yang berlantai dua ini dibangun di atas tanah seluas 1.000 meter persegi, tampak seperti rumah hantu dengan ditumbuhi ilalang dan semak.

Asbes RSUD Tanjung Balai juga tampak hancur.(foto/ferry)

Bagian dalam bangunan tampak asbesnya yang bocor dan hancur selain lantainya yang sudah turun. Begitu juga sebagian kaca jendela dan pintu yang pecah dengan bagian pecahan-pecahan asbes dan kaca yang berserakan di lantai.

Bukan hanya itu di bagian belakang bangunan induk masih berdiri tiang pondasi bangunan kebidanan yang belum selesai yang menelan belanja ratusan juta rupiah.

Menurut tokoh pemuda Tanjung Balai, Adrian Sulin, pembangunan rumah sakit ini sudah tidak tersentuh pembangunan dan  jauh dari perhatian pihak pemerintah kota.

Lantai RSU Tanjung Balai juga tampak pecah - pecah.(foto/ferry)

Hal ini sudah menjadi temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang merugikan negara ratusan juta rupiah. Ironisnya, walaupun sudah ada nilai kerugian negara namun tak seorang pun yang sudah dijadikan tersangka dalam kasus korupsi mega proyek tersebut.

Warga Tanjung Balai sangat mengharapkan dilanjutkannya pembangunan rumah sakit ini  untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada warga.

Penulis: ferry. Editor: gun.