HETANEWS

Seleksi Sekda Siantar Akan Dibuka Minggu Depan, Ada 5 Orang Pansel

Zainal Siahaan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemko Siantar. (foto : Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com - Proses lelang untuk jabatan pejabat tertinggi (JPT) Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar akan segera dibuka dan Panitia Seleksi (Pansel) sudah ditentukan sebanyak 5 orang . 

Hal tersebut diutarakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Siantar, Zainal Siahaan, Rabu (30/8/2017).

Kelima orang Pansel tersebut yaitu  Kepala BKD Provinsi Sumut, Kaiman Turnip, dari BKN Regional 6 Medan, Prasetio, Guru Besar Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Hasim Purba, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis dan Direktur Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI), Robert Tua Siregar.

Ketika ditanya, apakah proses seleksi sudah berjalan dan ada berapa nama yang mengikuti seleksi, Zainal menyebutkan, pembukaan pendaftaran kemungkinan akan dilangsungkan Minggu depan.

"Mungkin akan dibuka Minggu depan, dan siapa saja boleh ikut sesuai dengan ketentuan, jadi belum ada nama itu, karena minggu depan baru dibuka," kata Zainal. 

Disinggung pergantian Pelaksana Tugas (Plt) Sekda dari Reinward Simanjuntak ke Resman Panjaitan atau mengapa tidak menunggu hasil seleksi sehingga ada Sekda defenitif?, Zainal mengatakan, hal tersebut keputusan dari Wali Kota, Hefriansyah.

"Itu kan keputusan dari pimpinan, kita hanya menjalankan saja. Seperti main bola itu, pemain di lapangan kan diganti tergantung pelatih. Mita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yah mengikuti arahan pimpinan. Dan bagi kita diganti itu sudah biasa," kata Zainal.

Banyaknya kalangan beranggapan pergantian Plt Sekda itu hal yang lucu, namun Zainal menyebutkan jika itu sudah berdasarkan ketentuan.

"Memang jabatan Plt itu sudah habis, nah itukan hak dari Wali Kota tetapi untuk defenitif harus melalui proses seleksi," ucapnya.

Penulis: tom. Editor: gun.