HETANEWS

Bawas MA Periksa Ketua PN Simalungun Terkait Dugaan Pungli

Kantor Pengadilan Negeri Simalungun.(foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) datangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Simalungun sejak Senin (28/8/2017) hingga hari ini, Selasa (29/8/2017).

Informasi yang beredar di lingkungan kantor itu, menyebutkan adanya dugaan pungutan liar (pungli).

Diduga laporan yang diterima dari LSM atau masyarakat tentang adanya pungli yang dilakukan PN Simalungun kepada masyarakat yang ingin meminta surat keterangan (SK). Setidaknya 4 anggota Bawas dari Mahkamah Agung datang memeriksa Ketua PN Simalungun, Lisfer Berutu.

Pemeriksaan tersebut terkesan ditutup-tutupi, karena sulitnya wartawan mendapatkan informasi kehadiran Bawas yang hingga berita ini diturunkan, masih melakukan pemeriksaan terhadap orang nomor satu di kantor itu.

Pemeriksaan berlangsung di ruang mediasi kantor pengadilan itu. Sedangkan humas yang akan dikonfirmasi tidak berada di kantor karena sudah 2 minggu mengikuti pelatihan di luar kota.

Panitera Parulian Hasibuan yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan kedatangan 4 orang Bawas MA RI, namun tidak berkompeten memberikan penjelasan. "Saya tidak bisa berkomentar, karena bukan wewenang saya,"katanya kepada wartawan yang ingin melakukan konfirmasi.

Penulis: ay. Editor: gun.