HETANEWS

Pangonal: Wisuda Merupakan Refleksi Keberhasilan Penyelenggaraan Pendidikan

Para wisudawan Akper Pemkab Labuhanbatu usai acara wisuda diabadikan dengan Kabag Kesra Setdakab Labuhanbatu, Bangun Siregar dan Ketua DWP Labuhanbatu serta Sekcam Rantau Selatan.(foto/fendi)

Labuhanbatu, hetanews.com - Upacara wisuda yang merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak dijadikan semata-mata sebagai acara rutin yang sifatnya seremonial.

Tetapi lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, penilaian dan hasil yang telah dicapai.

Demikian dikatakan BupatiPangonal Harahap, Rabu (23/8/2017), dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kepala Bagian Kesra Setdakab, Bangun Siregar pada acara Wisuda Angkatan XIX Ahli Madya Keperawatan Pemkab Labuhanbatu, di Gedung Nasional Rantauprapat.

"Kita sadari bersama bahwa kehidupan modern di era global ini akan semakin kompleks, masyarakat akan semakin terbuka, tingkat kompetensi dan kompetisi sesuai dengan Undang-Undang (UU) Keperawatan. Dan perawat sudah harus memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) untuk bisa bekerja diinstansi kesehatan," jelas Bupati.

Lebih lanjut disebutkannya, Pemkab Labuhanbatu sebagai pemilik yang mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan.

Sedangkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Rantauprapat sebagai mitra dalam pengembangan pendidikan, dosen dan staf sebagai pelaksana operasional pendidikan sangat menentukan dalam kelancaran roda pendidikan tersebut. Tak kalah pentingnya adalah peranan BP3 dan orang tua mahasiswa/i dalam memberikan bantuan moril maupun materil.

Dalam acara wisuda tersebut, Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan/i atas keberhasilannya dalam menyelesaikan pendidikan dengan baik.

Para mahasiswa/i Akper yang diwisuda sebanyak 45 orang, sedangkan mahasiswi terbaik atas nama Sartika Siregar dengan IP 3,62.

Acara wisuda yang dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Labuhanbatu, Muhammad Yusuf Siagian serta Sekcam Rantau Selatan tersebut dihiasi dengan penyerahan cenderamata atau hadiah kepada 5 orang mahasiswa/i lulusan terbaik.

Penulis: fendi. Editor: gun.