HETANEWS

Ada Bupati Sergai di Peringatan BBGRM XIV dan HKG PKK ke 45

Bupati Sergai, Soekirman menyerahkan alat kebersihan kepada para Camat.(foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 Tahun 2017 yang dipusatkan di lapangan sepak bola Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (22/8/2017).

Bupati Sergai, Soekirman mengatakan, bahwa peringatan BBGRM  XIV dan HKG PKK ke 45 yang dilaksanakan saat ini diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan semangat gotong royong.

Dengan semangat gotong royong akan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan yang merupakan sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu didalam kehidupan masyarakat kita. Hal ini agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan dan memanfaatkan hasil-hasil pembangunan.

Melalui BBGRM dan HKG PKK ini, Bupati menghimbau kepada seluruh Kades, Camat dan Kepala OPD se-Sergai agar terus menggelorakan semangat gotong royong dimanapun berada. Oleh karenanya Bupati merasa bangga atas peran aktif masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam mendukung dan membantu memajukan kabupaten, terutama dengan adanya Gerakan Pembangunan Swadaya Rakyat (Gerbang Swara).

Ketua TP PKK Sergai, Marliah Soekirman dalam sambutannya mengemukakan, bahwa semangat mewujudkan keluarga yang sejahtera dan gotong royong merupakan perwujudan masyarakat yang kokoh dalam melestarikan kepedulian kepada sesama yang harus dilestarikan dalam membangun masa depan bangsa Indonesia.

 Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dimas Kurnianto dalam laporannya, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong untuk mencapai masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang adil dan makmur menuju keluarga sehat sejahtera.

Selanjutnya untuk memotivasi para Kader TP. PKK agar lebih proaktif merencanakan dan melaksanakan 10 program pokok PKK di masing-masing wilayah kecamatan dan desa/kelurahan, kata Dimas Kurnianto.

Di sela-sela kegiatan dilakukan penyerahan alat kebersihan sebanyak 1.200 unit serta diumumkan para pemenang dari berbagai lomba pada peringatan HKG PKK ke-45 Kabupaten Sergai Tahun 2017.

Di antaranya perlombaan pertama, desa percontohan tertib administrasi PKK juara satu diraih oleh Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, kedua lomba desa percontohan Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) diraih oleh Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan, ketiga lomba desa percontohan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluaraga (UP2K) diraih Desa Marihat Dolok Kecamatan Bintang Bayu, keempat lomba desa percontohan pemanfaatan lahan perkarangan (hatinya PKK) diraih Desa Bandar Magodang Kecamatan Bintang Bayu, kelima lomba desa percontohan pemanfaatan hasil toga diraih oleh Desa Sibula, Kecamatan Tebing Syahbandar.

Selanjutnya keenam lomba simulasi PKDRT diraih oleh Kecamatan Perbaungan, ketujuh lomba pemanfaatan hasil toga diraih Kecamatan Dolok Masihul, kedelapan lomba penyuluhan tentang perlindungan anak dan narkoba diraih oleh Kecamatan Dolok Merawan dan kesembilan lomba masak non beras diraih Kecamatan Silinda.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.