HETANEWS

Ada Penampilan Suku-suku di Sumut di SMAN 2 Siantar

Kepala SMAN 2 Siantar, Hasbiansyah saat foto bersama guru, pegawai dan siswa dengan pakaian suku - suku di Sumut.

Siantar, hetanews.com – Bukan hanya saat di kelas, namun saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72, para siswa SMAN 2 Kota Siantar, juga diajari  memaknai arti Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu, Kamis (17/8/2017), di halaman sekolah, jalan Patuan Anggi Siantar.

Pesan menghormati perbedaan itu disampaikan lewat penampilan suku – suku yang ada di Sumatera Utara, diantaranya Batak Toba, Simalungun, Karo, Minang, Jawa, Nias dan Melayu.

Para siswa sengaja mengenakan pakaian masing – masing suku tersebut sehingga siswa tetap ingat bahwa Sumatera Utara kaya akan suku, budaya dan adat istiadat, namun bisa bersatu.

Soal persatuan dan kesatuan juga disinggung Kepala SMAN 2 Siantar, Hasbiansyah saat menyampaikan pidatonya di hadapan siswa dan guru.

Ditegaskannya bahwa perbedaan itu adalah kekayaan dan harus dijadikan sebagai kekuatan untuk mengisi kemerdekaan RI. Sebagai seorang pelajar, kata Hasbiansyah, harus lah terus belajar dan belajar serta memiliki semangat pantang menyerah. Dan jangan lupa untuk tetap menghormati jasa para pejuang yang telah bersusah payah merebut kemerdekaan dari para penjajah. “Isi lah kemerdekaan dengan hal – hal yang positif dan tetap mengingat tugas dan tanggung jawab sebagai pelajar atau generasi penerus bangsa, katanya sambil angkat tangan dan berteriak merdeka.

Kepala SMAN 2 Siantar, Hasbiansyah saat foto bersama anggota Paskibraka.

Pantauan hetanews, upacara berlangsung dengan hikmat yang mana bendera Merah Putih dengan sempurna dikibarkan dan penampilan lagu – lagu perjuangan membuat suasana upacara semakin hidup.

Usai upacara, ketua panitia HUT RI, Rudi, menjelaskan bahwa kegiatan HUT RI ke 72 tahun ini bisa dikatakan lebih meriah karena banyak perlombaan melibatkan siswa.

Jenis perlombaan diantaranya, futsal, basket (putra – putri), tarik tambang, lomba kebersihan lokal, masak – memasak antar kelas, katanya menjelaskan. “Sedangkan penyerahan hadiahnya akan diberikan pada hari Guru, 25 Nopember 2017 mendatang,”ujar guru ini.

Rudi kembali menegaskan bahwa HUT RI kali ini sangat didukung para guru dan siswa yang begitu antusias menginguti tahapan kegiatan hingga puncak acara.

Penulis: gun. Editor: gun.