HETANEWS

HUT Kemerdekaan Berlangsung di Lapas Tebingtinggi dan 19 Napi Bebas

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bertindak sebaga Irup pada peringatan HUT Kemerdekaan di Lapas Tebingtinggi. (foto : Ver)

Tebingtinggi, hetanews.com - Pelaksanaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 diperingati dengan suka cita di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Tebingtinggi, Jalan Pusara Pejuangan, dengan inspektur upacara (irup) Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dan dihadiri sejumlah Unsur Muspida, Kamis (17/8/2017).

Saat pelaksanaan upacara, ada sebanyak 1.359 orang  narapidana (napi) dan tahanan menerima remisi. Sementara yang langsung bebas ada 19 orang. Sedangkan pengurangan masa tahanan ada sebanyak 402 orang.

Ini disampaikan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Alex melalui  Rosanna Sembiring dan Marlen Situngkir.

Pemberian remisi tersebut merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana yang diatur dalam Undang-Undang (UU). Salah satunya UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

"Remisi bukan anugerah pengurangan hukuman karena belas kasihan negara terhadap terpidana. Tapi hak yang diberikan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam UU," ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly yang dibacakan Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan.

Penampilan bernyanyi dari 3 orang napi. (foto: Ver)

Menurut Yasonna, pemberian remisi juga meringankan beban lapas dan rutan yang ada di seluruh Indonesia. Alasannya, warga binaan pemasyarakatan di dalam negeri jumlahnya sudah mencapai 226.143 orang. Rinciannya, napi 156.613 orang dan tahanan 69.530 orang.

"Ini jumlah yang sangat besar. Kalau tidak ada pemberian remisi umum, jumlah itu akan terus membesar. Dapat menimbulkan dampak gejolak keamanan didalam lapas atau rutan," kata Yasonna.

Tak hanya itu, pemberian remisi juga diklaim berdampak pada penghematan anggaran negara sampai Rp 102 miliar.

Usai pelaksanaan upacara, 3 orang napi diberikan kesempatan menunjukkan kebolehannya menyanyi dan mendapat sambutan manis dari seluruh undangan dan tahanan.

Tampak hadir, Wakil Wali Kota, Oki Siregar, Ketua DPRD Ridho Chap, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Fajar Manurung, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kompol Bambang, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HD Harahap, Kapolres AKBP Ciceu Cahyati, Ketua Pengadilan Negeri (PN) J Simarmata dan lainnya.

Penulis: ver. Editor: aan.