Labuhanbatu, hetanews.com -  Dirjend Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) RI, Herri Swantoro melakukan kunjungannya ke Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Kunjungan yang berlangsung Kompleks Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat dalam acara bhakti sosial sunatan massal bersama Pemkab Labuhanbatu dan Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

“Secara pribadi saya sangat salut dan bangga kepada Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap karena idealismenya dalam membina ekonomi kerakyatan di daerah ini. Saya baru pulang dari Banyuwangi, di sana terkagum-kagum dengan kebijakan Bupati Banyuwangi. Ternyata di sini lebih ekstrim lagi Bupati nya dalam membela ekonomi rakyat Kabupaten Labuhanbatu. Kebijakan yang dilakukan Bupati Labuhanbatu ini sangat menyentuh rakyat kecil,” ungkap Herri.

Kegiatan bhakti sosial menyongsong HUT RI dan HUT Mahkamah Agung (MA), pihaknya mendorong para pimpinan pengadilan untuk berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat.

Selain menjadi pelayan masyarakat dalam mencari keadilan, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi harus ada upaya-upaya yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhannya.

"Oleh karena itu, kami telah mencoba dan melaksanakan kegiatan operasi katarak di Jawa Tengah. Alhamdulillah berhasil kita operasi sebanyak 220 orang secara gratis," kata Herri.    

Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap mengapresiasi kegiatan bhakti sosial ini berupa khitanan massal dan pemberian uang saku kepada 250 orang anak serta pemberian tali asih kepada panti asuhan dan panti jompo.

"Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI dan HUT MA. Kegiatan ini tentu sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu," sebutnya.

Dirinya mengharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan dorongan bagi lembaga dan instansi manapun, khususnya pemerintah daerah agar selalu berbuat yang terbaik untuk kepentingan masyarakat.

Di sisi lain, Pangonal Harahap mengatakan, pengadilan sebagai lembaga yudikatif tentu memiliki peran strategis dalam mewujudkan keadilan di tengah-tengah masyarakat.

Karena MA khususnya PN Rantauprapat sesungguhnya merupakan benteng terakhir bagi masyarakat Labuhanbatu dalam mencari keadilan.   

Ketua PN Rantauprapat, Sobandi dalam laporannya menjelaskan, bhakti sosial Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI dan HUT MA

Menurutnya, berdasarkan arahan dari Ketua Pengadilan Tinggi Medan, pihaknya melakukan kerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu Raya untuk mengadakan sunatan massal yang diselenggarakan di Rantauprapat.

Semula dalam kerjasama disepakati, jumlah anak yang disunat sebanyak 150 orang anak. Ternyata peserta membludak sampai 250 orang anak.

Tim dokter dan medis untuk melaksanakan kegiatan ini didatangkan dari RSUD Rantauprapat danJakarta di bawah pimpinan Andrean.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Medan, Citut Sutiarso, Wakil Bupati Labusel, Kapolres Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu,  Siti Awal Pangonal Harahap.