HETANEWS.COM

'Pasu-pasu' untuk Kapolres Samosir

Kapolres Samosir, AKBP Donald Simanjuntak foto bersama saat berada di Tugu Oppu Raja Sihotang Sigodang Ulu.

Samosir, hetanews.com -  Adat Batak zaman dahulu hingga sekarang begitu lekat pada jati diri Donald P.Simanjuntak. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Samosir itu menyempatkan diri berjiarah di Tugu Oppu Raja Sihotang Sigodang Ulu. 

Kehadirannya adalah bagian yang tidak terpisahkan, karena marga Sihotang bagi marga Simanjuntak bagian awal sejarah. Atau dalam adat Batak disebut sebagai 'Bona Ni Ari' (pangkal atau awal dari hari).

AKBP Donald P Simanjuntak pun menerima 'pasu-pasu' (berkat/penghargaan tertinggi) yang dilambangkan dengan penyematan 'ulos' (kain khas khusus Batak Toba sebagai lambang doa atau berkat).

(Kiri) Marko P Sihotang, Kapolres Samosir, AKBP. Donald Simanjuntak, Rico Sihotang.

Pemberian 'pasu-pasu' itu dihadiri perwakilan Raja Jolo Sipardabuan, Sorga Ni Musu, Sitorban Dolok, Sirandos, Simarsoit, Hasugian, dan Siraja Tunggal (Orang Kaya Tua) yang tak lain adalah garis keturunan dari Oppu Raja Sihotang Sigodang Ulu.

Rasa terharu nampak dari wajah Donald dan bangga atas penyambutan dari seluruh 'Bona Ni Ari' nya itu.

"Saya sangat terharu atas penyambutan Tulang dan Oppung dalam acara ziarah ini. Secara umum, saya belum pernah berbuat apa - apa. Namun, penghargaan ini bagi saya adalah sebuah nilai yang membanggakan," sendu Donald, Kamis (10/9/2017).

Tokoh Masyarakat, P Sihotang, atau yang sering disapa Ama Ni Borsak, yang juga salah satu perwakilan keturunan Oppu Raja Sihotang Sigodang Ulu ketika dikonfirmasi Hetanews dikatakannya, acara ziarah itu terlaksana karena ada niat tulus dari Kapolres Samosir, AKBP Donald Simanjuntak.

P Sihotang atau yang sering disapa Amani Borsak Sihotang menyematkan ulos
kepada Kapolres Samosir, AKBP Donald Simanjuntak.

"Karena ada niat dari Donald Simanjuntak selaku 'boru' meminta pemberkatan doa dengan hati yang tulus. Jadi, kami (keturunan Oppu Raja Sihotang Sigodang Ulu) berkumpul dan memberkati melalui ziarah dan memanjatkan doa berkat, serta menyematkan 'ulos' sebagai tanda dan perantaraan doa kami,"ungkap Amani Borsak Sihotang.

Penulis: abidan. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!