HETANEWS

PSBD Asahan III 2017 Resmi Ditutup, Etnis Tionghoa Terheboh I

Wakil Bupati Asahan, Surya ketika menyerahkan penghargaan kepada sekretaris etnis Tionghoa, Arifin Wijaya sebagai pemenang penampilan terheboh.(foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Penampilan masing - masing etnis selama 16 hari telah mempererat rasa perpedaan yang dirangkai menjadi satu, sebagai bingkai kesatuan negara di republik ini.  

Hal ini disampaikan Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, diwakili Wakil Bupati, Surya.

"Melalui kegiatan Pentas Seni dan Budaya Daerah  (PSBD) ini, harapan kita kepada masyarakat juga di pemerintahan tetap mempererat antara etnis satu dan lainnya hingga rasa satu tanah air Indonesia ini tetap terpupuk," ujar Surya membacakan pidato Bupati Asahan 

Surya menuturkan, bahwa keanekaragaman etnis yang ada merupakan aset tak ternilai bangsa Indonesia, termasuk kabupaten Asahan. Untuk itu, hubungan kekerabatan yang telah terjalin dengan baik, hendaknya dapat ditingkatkan sehingga semakin erat. 

"Mari sama-sama kita membangun Asahan karna kesuskesan pembangunan bukan sekedar tugas pemerintahan tapi tugas berama kita,  hingga semangat kebhinekaan jarus tetap kita jaga dan semakin diperkuat untuk kemajuan pembangunan di daerah ini, “ujarnya lagi. 

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Lintas Adat Kabupaten Asahan, Ki Umar Said, memberikan apresiasi kepada Pemkab Asahan atas terselenggaranya pagelaran seni dan budaya daerah, sehingga juga bisa menjadi ruang bersilaturrahmi.

Baca Juga:  JR Saragih Saksikan Pagelaran Etnis Simalungun di PSBD Asahan

Baca Juga: Gawat! Balon Udara Gubernur Asahan Warnai Pembukaan PSBD 2017

"Kegiatan PSBD menunjukan kearifan adat istiadat dan budaya lokal hingga acara seperti ini dapat terus dipertahankan. Karena juga dinilai mampu memberi pencerahan bagi masyarakat, sehingga bisa mengenal seluruh kesenian dan kebudayaaan masing-masing etnis yang ada di Asahan dan menjadi penambahan ilmu pengetahuan bagi anak-anak penerus bangsa kita, khususnya di Asahan ini," pungkasnya.

Sementara itu, menjadi penampilan terheboh I dimenangkan etnis Tionghoa , terheboh II etnis Batak Toba , terheboh III etnis India dan posisi empat etnis Minang. 

Penulis: heru. Editor: gun.