HETANEWS

Atraksi Barongsai Singa, Pukau Ribuan Penonton di PSBD Asahan

Wakil Ketua DPRD Asahan, Winarni Supraningsi didampingi Sekretaris INTI Asahan, Arifin Wijaya saat dihampiri barongsai Singa putih. (foto : Heru).

Asahan, hetanews.com - Warga Tionghoa yang tergabung di Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Kabupaten Asahan ikut memeriahkan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) ke III Tahun 2017,  Rabu ( 2/8/2017) malam. 

Sebanyak 14  etnis di Asahan, termasuk Tionghoa, menunjukkan berbagai seni tariannya, seperti tari seribu tangan, tari kipas dan atraksi barongsai Singa merah dan putih. 

Bustami Chie Pit, selaku Ketua Panitia untuk etnis Tionghoa didampingi  Frangky Wijaya, mengucapkan terima kasih kepada Forkala yang memberikan kesempatan kepada etnisnya untuk menampilkan berbagai adat istiadat etnis Tionghoa.

“Kami  ingin memberikan penampilan maksimal malam ini hingga tamu maupun pengunjung benar-benar merasakan seni tarian kami di PSBD ini,” ungkap Chie Pit. 

“Kita menujukkan seni daerah yang berasal dari etnis Tionghoa, seperti seni Barongsai Singa Putih dan Singa Merah yang memang perlu keahlian husus untuk memainkan atraksi yang bagi etnis kami sangat memiliki arti itu," ujar Chie Pit. 

Saat atraksi Barongsai Singa Merah dan Putih berjalan yang membuat pengunjung terpukau.(foto: Heru)

Terpisah, Ketua INTI kabupaten Asahan, Suripno Ngadiman melalui Sekretaris Arifin Wijaya mengatakan, pihaknya ingin memasyarakatkan budaya etnis Tionghoa kepada masyarakat secara umum, khususnya Asahan. Ini agar mereka bisa memahami dan mempelajari berbagai budaya etnis khususnya etnis Tionghoa. 

“Ini merupakan kesempatan bagi etnis Tionghoa untuk menujukkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Asahan tentang ada budaya etnis Tionghoa,” ungkap Arifin 

Arifin juga mengucapkan terima kasih kepada etnis Tionghoa di Asahan yang terlibat aktif untuk menukseskan PSBD dengan menunjukkan seni budaya.

“Dukungan etnis Tionghoa cukup antusias dan harus dipertahankan juga  masyarkat Asahan yang mau menyaksikan seni etnis dan begitu antusias," ujarnya bangga. 

Sementaran itu, pantauan awak media, kegiatan etnis Tionghoa malam itu turut dihadiri wakil Ketua DPRD Asahan, Winarni Supraningsi dan tokoh adat etnis Tionghoa dan pengurus Porkala Asahan.

Pada kesempatan itu juga memperlihatkan berbagai pernak-pernik antara lain, Yam Cha, Kura-kura kuil, Xi Ling, Gucci, Kim Cia tau uang emas dan lain-lain

Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya Daerah ke III 2017 , Sofyan Yoga, mengucapkan terima kasih atas penampilan seni etnis Tionghoa malam itu dengan menampilkan beberapa tarian hingga atraksi Barongsai Singa Merah dan Putih mampu membuat ribuan penonton malam itu terpukau menyaksikannya. 

Penulis: heru. Editor: gun.