Siantar, hetanews.com - Seorang penadah kereta atau sepeda motor hasil curian, diringkus Unit Jatanras Satuan Reserse Kriminal Polres Siantar, Selasa (1/8/2017) sekira pukul 21.30 WIB.

Penadah tersebut, Surya Atito Harahap alias Belo (27) yang ditangkap di depan rumahnya, di Jalan Singosari, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar.

Ditangkapnya Belo atas pengembangan setelah temannya, Naturi Saragih alias Batur yang terlebih dahulu dibekuk petugas setelah mencuri sepeda motor Yamaha Mio Soul warna merah nomor polisi (nopol) BK 4953 WAA milik korban Rodearni Saragih (38), warga Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Simalungun.

Soalnya kereta Yamaha Mio Soul yang dicuri oleh Naturi, dijual kepada Surya seharga Rp 4 juta. Kini Surya telah dijebloskan ke dalam sel tahanan, dan perbuatannya dijerat Pasal 363 Subs 480 KUHPidana.

Awal kejadian diketahui, pada Jumat pagi (7/7/2017) lalu, korban memarkirkan sepeda motornya di depan ruko salon miliknya, di Jalan Sutomo, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat. Sekira pukul 18.30 WIB sore, Rodearni bermaksud hendak pulang ke rumah.

Namun saat melangkah ke tempat parkir,  Rodearni melihat kendaraanya telah raib dan membuat laporan pengaduan ke Polres Siantar.

Kecurigaan mengarah kalau pelaku  curanmor itu dilakukan oleh Naturi sesuai keterangan saksi-saksi di tempat kejadian, termasuk petugas parkir yang dimintai keterangannya.

Setelah hampir 3 minggu kasus curanmor itu diselidiki, terakhir Naturi yang dicurigai sebagai tersangkanya. Dia ditangkap petugas saat hendak pulang kerumahnya, di Jalan Kartini Bawah, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.

Kepada petugas, Naturi 'bernyanyi' bahwa sepeda motor hasil curian telah dijualnya kepada Surya seharga Rp 4 juta. Petugas selanjutnya melakukan pengembangan, dan berhasil meringkus Surya dari depan rumahnya.

Kapolres Siantar, AKBP Doddy Hermawan, melalui Kasubbag Humas, AKP Matius Barus, membenarkan penangkapan tersebut.

"Surya ditangkap memang hasil pengembangan menampung kereta curian. Barbut kereta Yamaha Mio lagi dalam pencarian," tegas Barus.