HETANEWS.COM

Pemkab Sergai Dukung 4 Prioritas Program Kemendes

Bupati Sergai, Soekirman menyerahkan cenderamata kepada Tim Advance Kementerian Desa, PDTT RI. (foto : Sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Kadis PMD, Dimas Kurnianto dan Kabid Pemerintahan Desa, Romian P Siagian, menerima kunjungan  Tim Advance Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDTT RI) melalui Ditjen Pembangunan Daerah Tertentu (PDTu), Nena Latuconsina dan Ismi Solihatun, di ruang kerja Bupati, di Sei Rampah, Senin (31/7/2017).

Nena Latuconsina menjelaskan, bahwa kedatangan timnya ke Tanah Bertuah Negeri Beradat ini dalam rangka persiapan pelaksanaan sosialisasi dana desa untuk pembangunan embung serta prioritas program lainnya.

Sedangkan dasar pelaksanaaan kegiatan ini, merupakan tindak lanjut instruksi Mendes PDTT RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang prioritas kegiatan kementerian.

Ada 4 prioritas program Kemendes, PDTT RI yaitu pertama, pengembangan program unggulan kawasan perdesaan (Prukades), kedua pembentukan Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Bersama  (BUM Desa/BUM Desa Bersama). Ketiga pembangunan embung dan bangunan penampungan air kecil dan keempat, pembangunan sarana olahraga desa.

Oleh karenanya, Nena berharap agar penggunaan dana desa yang telah digelontorkan harus tetap difokuskan pada empat program prioritas tersebut. Hal ini dilakukan agar desa dapat semakin mengembangkan potensinya, ungkapnya.

Bupati Sergai, menyambut baik dan sangat mendukung program yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT. Hal ini tentunya berdampak pada perubahan dan perkembangan yang cukup besar untuk pembangunan yang ada di desa. Disamping itu, Kabupaten Sergai khususnya dibeberapa desa telah dibentuk BUM Desa yang memaksimalkan potensi dari desa itu sendiri.

"Dengan adanya BUM Desa ini akan membuat setiap desa mandiri secara ekonomi, agar kedepannya program priorotas ini dapat berjalan dengan lancar, khususnya untuk pembangunan embung yang bertujuan untuk meningkatkan produksi tanam bagi para petani," ujar Soekirman.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.