HETANEWS

Sabu Rp 300 Juta Direbus Polres Simalungun

Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP Marnaek Ritonga saat akan merebus barang bukti sabu. (foto : Ndo)

Simalungun, hetanews.com - Barang haram narkotika jenis sabu senilai sekitar Rp 300 juta dimusnahkan Satuan Reserse (Sat Res) Narkoba Polres Simalungun, Senin (31/7/2017) sekira pukul 14.00 WIB.

Barang haram ini, merupakan barang bukti hasil penangkapan dan pengungkapan dari tersangka kasus narkotika yang ditangani Polres Simalungun periode bulan Mei dan Juni 2017 ini.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan melalui Kasat Narkoba, AKP Marnaek Ritonga saat menggelar press release menerangkan, bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini yakni, sabu, ganja dan pil ekstasi.

"Sabu hampir seberat 3 ons, pil ekstasi 50 butir dan ganja 75 amp," kata Marnaek kepada wartawan di Asrama Polisi (Aspol), Jalan Sangnaualuh, Kecamatan Siantar Timur.

Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP Marnaek Ritonga saat melempar barang bukti ganja ke api.

Pemusnahan ini sendiri disaksikan para tersangka, perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, kuasa hukum tersangka, awak media. Sabu dan pil ekstasi dimusnahkan dengan cara direbus, sedangkan ganja dengan dibakar.

"Jumlah tersangka ada 7 orang. Barang bukti itu kalau dirupiahkan sekitar Rp 312 juta. Dari penyelidikan dan pengakuan tersangka, barang bukti ini didapatkan dari luar daerah (Kabupaten Simalungun) dan pengembangan hingga ke (Lapas) Tanjung Kusta (Medan)," lanjut AKP Marnaek.

Dengan penangkapan hingga pemusnahan tersebut, ribuan masyarakat Kabupaten Simalungun dapat terselamatkan. Dan untuk hukumannya, tersangka diancam dengan hukuman 20 tahun penjara, seumur hidup hingga hukuman mati.

Penulis: ndo. Editor: gun.