Asahan, hetanews.com - Janji Kapolres AKBP Kobul Syahrin Ritonga saat pertama kali menjabat di Kabupaten Asahan pada bulan April di 2017 lalu dibuktikan dengan sudah puluhan orang tertangkap bersama barang bukti narkoba jenis sabu dan ganja dari beberapa tempat berbeda di wilayah hukum Polres Asahan. 

Kali ini tim Unit Reskrim Polsek Kota yang dipimpin Ipda Syamsul Adhar kembali meringkus 3 orang pelaku saat hendak melakukan transaksi narkoba jenis ganja di wilayah hukum Polres Asahan.

Menerima informasi dari masyarakat, maka tindakan diambil Kapolsek Kota, Iptu Tombak Samosir segera memerintahkan Kanit Reskrim, Ipda Syamsul Adhar bergerak cepat melakukan penyelidikan, Jumat (28/7/2017).

Salah satu pelaku diamankan petugas.  (foto: Heru)

"Kita dan tim segera turun ke lokasi yang diduga ada menyimpan ganja di Jalan Pramuka Lingkungan I No 37 Kelurahan Tebing Kisaran, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan," ujar Syamsul.

Lanjutnya, saat dilakukan penggerebekan di rumah milik Suwito, anaknya bernama Kamil sempat menahan tim Polsek. Bahkan saat berada di dalam rumah, Kamil mengacak-acak barang-barang dengan mengatakan 'tengok mana ada narkoba'.

Syamsul menjelaskan, tidak percaya begitu saja tim melakukan penggeledahan, sehingga barang bukti ganja kering 3,3 kilogram akhirnya ditemukan dalam lemari yang berada di kamar orang tuanya Kamil. 

Barang bukti ganja dan uang yang diamankan petugas.  (foto: Heru)

Saat ditemukan barang bukti, tersangka Kamil coba melakukan perlawanan dengan menyiram bantal dengan minyak tanah untuk membakar rumah orang tua, sehingga kegaduhan pun sempat terjadi. Namun tim Polsek dengan sigap segera mengamankan bantal yang sudah marak dengan api itu . 

Petugas akhirnya berhasil membekuk 3 orang pelaku yakni, Kamil (31), Andi (26) dan Ahmad (25). Di Tempat Kejadian Perkara (TKP) juga diamankan barang bukti 3 bungkusan besar berisi ganja kering seberat lebih kurang 3,3 kg disaksikan langsung oleh Lurah setempat.

Selanjutnya barang bukti yakni, 4  buah gunting, 3 lembar bukti transfer ATM BRI, 1 gulungan potongan koran untuk pembungkus,1 buah dompet warna oranye, 1 tas kecil warna abu abud an uang tunai sebanyak Rp 844 ribu.

Proses penangkapan terhadap pelaku. (foto: Heru)

Kini ketiga tersangka dan barang bukti diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan untuk proses selanjutnya.

"Kami juga berterima kasih atas kerja sama masyarakat tetap aktif memberi informasi kepada petugas untuk memberantas narkoba yang telah nyata menjadi perusak anak bangsa," ujar Syamsul.