HETANEWS.COM

Gawat, Saksi Ini Ngaku Nyetor Rp 10 Juta untuk Bebas

Labuhanbatu,hetanews.com - "Sudah gawat negera kita ini". Ucapan itu dilontarkan Nasir Wardiansyah, selaku penasehat hukum terdakwa Joko Sutrisno, usai sidang perkara narkoba, Kamis (27/07/2017), di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

Didalam sidang beragendakan mendengarkan keterangan saksi itu, kata Nasir, saksi Sutarno yang turut ditangkap polisi, mengaku bahwa dirinya dipaksa berbohong oleh polisi yang menangkapnya bersama terdakwa serta dipaksa membayar uang  Rp.10 juta agar bisa lepas.

"Didalam sidang, saksi Sutarno yang sudah disumpah oleh hakim mengakui, bahwa dirinya bisa bebas dan dijadikan saksi dalam perkara ini lantaran dipaksa membayar uang 10 juta rupiah kepada polisi yang bertugas di Sat Narkoba Polres Labuhanbatu. Bahkan saksi Sutarno dan Fiki yang saat ini melarikan diri juga dipaksa oleh polisi agar mengakui, bahwa 13 bungkus klip sabu seberat 0,42 gram itu adalah milik terdakwa,"ujarnya.

Atas kondisi itu, Nasir pun berencana akan menggali kebenaran materil terhadap peristiwa hukum yang dialami oleh terdakwa yang didampinginya. Serta, akan melaporkan peristiwa penyuapan terhadap oknum polisi Sat Narkoba Polres Labuhanbatu ke Propam Polda Sumut.

Untuk diketahui, didalam dakwaan jaksa penuntut umum Novalita disebutkan bahwa pada hari Rabu, tanggal 22 Maret 2017, petugas Polsek Aek Natas menerima informasi, bahwa ada pengedar narkotika jenis sabu, bernama Joko Sutrisno alias Joko yang meresahkan masyarakat di Desa Padang Maninjau. Lalu pada Jumat, 24 Maret 2017 sekira pukul 23.25 WIB, saksi Yoyon Afriono bersama saksi Fader Girsang, saksi Patar Simanjuntak dan saksi Darari (Ke empatnya Petugas Polri) langsung melakukan penyelidikan dan berangkat ke Dusun V Desa Padang Maninjau, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Tepatnya di depan rumah saksi Sutarno alias Tarno.

Dan saat itu, saksi Yoyon Afriono bersama saksi Fader Girsang, saksi Patar Simanjuntak dan saksi Darari melihat terdakwa Joko Sutrisno alias Joko sedang minum tuak, di depan rumah saksi Sutarno alias Tarno bersama saksi Ficky Utomo alias Fiki.

Setelah memantau terlebih dahulu, lalu saksi Yoyon Afriono bersama saksi Fader Girsang, Patar Simanjuntak dan saksi Darari mendekati rumah saksi Sutarno alias Tarno tersebut dan melihat terdakwa membuang sesuatu ke arah kiri terdakwa dengan menggunakan tangan kanan. Kemudian saksi Darari membawa terdakwa ke tempat letak barang yang dibuangnya tersebut. Dan ternyata barang yang dibuangnya tersebut, berupa 1 kotak permen doublemint. Dan setelah kotak permen tersebut dibuka, disaksikan saksi Yoyon Afriono bersama saksi Fader Girsang, Patar Simanjuntak dan Darari bersama terdakwa dan saksi Sutarno alias Tarno serta saksi Ficky Utomo alias Fiki, ternyata di dalam kotak permen tersebut terdapat 13 bungkus plastik klip kecil berisikan sabu dan 1 buah pipet berbentuk scop.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap terdakwa dan dari saku celana belakang sebelah kanan yang dipakai terdakwa, ditemukan 1 buah dompet warna coklat tua yang berisikan uang tunai sebesar Rp. 155.000 (seratus lima puluh lima ribu rupiah) dan 1 Buah STNK sepeda motor Kawasaki BK-6579 XAM atas nama Alwi Syahputra.

Sedangkan pada meja tempat terdakwa duduk, ditemukan 1 unit hanphone merk Samsung warna putih dengan nomor pra bayar 085297391321 dan 1 unit handphone merk Samsung lipat warna putih dengan nomor pra bayar 082297126361. Lalu dari rumah milik  saksi Sutarno alias Tarno ditemukan 1 buah tas sandang merek Elgini yang di dalamnya terdapat 3 bungkus plastik klip besar yang masing - masing bungkusan plastik terdapat  plastik klip kosong (tempat sabu), 1 gunting dan 2 mancis. Selanjutnya disita 1 unit sepeda motor Kawasaki 150 warna hijau tanpa plat nomor polisi yang digunakan terdakwa. Terdakwa berikut barang bukti tersebut dibawa dan diserahkan ke Polres Labuhanbatu untuk diproses sesuai hukum berlaku.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan