Siantar, hetanews.com - Olahraga boxing atau tinju profesional sudah lama digeluti Rocky Irawan Sikumbang (29), serta telah mengikuti berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Rencanannya, pria yang akrab dipanggil Irawan ini akan bertanding di WBC Asia Continental Bantam Weight Title pada 4 Agustus 2017 di Singapura.

Warga Simpang Kerang, Kelurahan Sumber Jaya II, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Siantar ini akan bertanding di kelas 66,5 kg melawan atlit Malaysia, Theena.

"Berbagai persiapan sudah mencapai 80 persen untuk mengikuti pertandingan nanti di Singapura. Target saya menang," papar Irawan, Kamis (27/7/2017).

WBC Asia Continental Bantam Weight Title yang akan diikuti Irawan.

Selama ini anak ketiga dari 5 bersaudara itu bergabung di Sasana BM Kosgoro 1957 Boxing Camp. Dari sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 1, Irawan sudah menggeluti olahraga boxing bertarung di kelas amatir. Tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) Irawan masuk ke kelas profesional. 

Bapak 1 orang anak ini telah mengikuti berbagai event seperti Kejuaraan Nasional 12 ronde  di Jakarta dan pertandingan lainnya di luar negeri seperti Jepang dan sudah 2 kali bertanding di sana.

Ditanya mengenai kendalanya untuk mengikuti pertandingan di Singapura, Irawan mengakui  minimnya pembinaan dari Pemko Siantar. Pasalnya beberapa kali mengikuti pertandingan, Irawan dengan modal sendiri.

Namun ada pengalaman pahit dialami Irawan saat bertanding di Jakarta pada 8 Juli 2017. Saat itu Irawan melawan atlit dari Jakarta, lalu ronde keenam dihentikan pertandingan karena lawannya jatuh.

Irawan Sikumbang saat mengikuti Kejuaraan di Jakarta pada 8 Juli 2017.

Anehnya, pertandingan justru dimenangkan lawannya dan Irawan kalah poin. Saat it dirinya mau protes, namun tak bisa karena hanya sendiri tanpa ada mendampingi.

"Harapan saya pada Pemko agar diperhatikan olahraga khususnya tinju seperti tak adanya pembinaan atlit. Sementara saat saya bertanding selalu membawa nama Siantar. Saya berharap adanya perhatian dan dukungan dari Pemko Siantar," papar Irawan.