Simalungun hetanews.com- Sinergitas antara Pemkab Simalungun dengan pemerintahan tingkat kecamatan dan desa (nagori) dalam memaksimalkan program prioritas yakni, kesehatan bagi masyarakat ternyata berdampak positif.

Pelayanan kesehatan, terlebih pada masyarakat yang kurang mampu adalah program unggulan Pemkab Simalungun. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) upaya untuk meringankan beban biaya perobatan dapat diatasi dengan program layanan kesehatan gratis dan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Sangat baik program kesehatan yang di prioritas Bupati Simalungun JR Saragih sangat berdampak positif dan dapat langsung masyarakat, khususnya yang membutuhkan layanan kesehatan," ujar Bima Barus, saat dimintai tanggapanya, Selasa (25/7/2017)

Kepala Puskesmas (Kapus) Negeri Dolok ini menerangkan, melalui gagasan Bupati JR Saragih dalam memprioritas pelayanan kesehatan, yaitu pelayanan langsung ke masyarakat adalah sesuatu yang nyata, dan dirasakan, apalagi yang tengah kesulitan dalam membayar biaya perobatan kesehatan.

Melalui pelayanan langsung dan terjun ke masyarakat serta melibatkan aparat pemerintahan kecamatan maupun perangkat pemerintahan desa, sedikit banyaknya telah membuahkan hasil. Beberapa warga telah sembuh dari penyakit yang dideranya.

Hal itu pun terjadi di Puskesmas Nagori Dolok. Pekan lalu, pihak Kecamatan dan Pemkab Simalungun bersama sama menyelenggarakan pelayanan langsung ke masyarakat. Hasilnya, ratusan penduduk setempat ikut merasakan baiknyapelayanan kesehatan.

Selain sangat meringankan beban warga setempat, sebanyak 3 orang pasien yang menderita penyakit serius juga mendapat rujukan ke RSUD Tuan Rondahaim, Kabupaten Simalungun untuk pengobatan yang lebih intens serta penyembuhan.

"Kita baru adakan pelayan kesehatan Senin semalam. Ada 3 orang warga yang dirujuk karena penyakit yang serius. Sekarang sudah di rumah sakit," ungkapnya.

Disinggung mengenai kendala yang dihadapi oleh pihak Puskesmas Nagori Dolok, Bima mengatakan, sampai saat ini belum mendapat kendala apa pun. Namun dirinya menambahkan, dengan adanya program kesehatan langsung kepada masyarakat ini, sedikitnya dapat mendapat membantu masyarakat itu sendiri.

Sambungnya, kedepan, masyarakat Kabupaten Simalungun agar lebih menyadari peran pemerintah, khususnya Bupati JR Saragih yang giat dalam melakukan bakti sosial kepada warganya.