HETANEWS.COM

Pelajar SMP Labuhanbatu Terima Penyuluhan Narkoba dan HIV/AIDS

Bupati Labuhanbatu diwakili Kabag Kesra Setdakab Labuhanbatu, Bangun Siregar saat memberikan hadiah lucky draw kepada salah seorang pelajar SMPN 1 Bilah Hulu.

Labuhanbatu, hetanews.com - Pemkab Labuhanbatu melalui Bagian Kesra Setdakab, sejak 24 Juli hingga 2 Agustus 2017 mendatang, melaksanakan kegiatan penyuluhan narkotika dan HIV/AIDS ke sembilan wilayah kecamatan, bekerjasama dengan pihak Satuan Narkoba Polres Labuhanbatu, BNN Tanjung Balai dan Komisi Penanggulangan AIDS serta para Kepala SMP Negeri.          

Dalam acara penyuluhan di SMP Negeri 1 Pangkatan dan SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Selasa (25/7/2017), Bupati Labuhanbatu,Pangonal Harahap yang diwakili Kepala Bagian Kesra Setdakab, Bangun Siregar, dihadapan ratusan pelajar SMP Negeri mengatakan, saat ini narkoba sudah merambah kemana-mana.

"Bukan hanya di kota saja, sampai ke pelosok desa maupun dusun sudah banyak kita temukan dan kita dengar narkoba itu sudah menyusup," katanya.

Oleh sebab itu, katanya, salah satu bentuk dari kepedulian Pemkab Labuhanbatu menyampaikan sosialisasi atau penyuluhan penanggulangan Narkotika dan HIV/AIDS kepada anak didik, khususnya siswa/i SMP kelas IX.

Pihaknya berharap, , kiranya anak-anak yang mengikuti penyuluhan mau menerima dan mendengarkan apa yang disampaikan para narasumber, baik itu dari Polres Labuhanbatu maupun dari Komisi Penanggulangan HIV/AIDS. Sehingga anak-anak nanti sudah memiliki modal dasar tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas. Karena anak-anak adalah merupakan generasi penerus bangsa dan masih lah sangat belia,

"Kalau menggunakan narkoba apa jadinya masa depan anak-anak, untuk itu raih prestasi dan jauhi narkoba. Setidaknya mulai hari ini, berfikirlah untuk masa depan anak - anak agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, agama serta keluarga," kata Bupati melalui Bangun Siregar.

Sementara, Kaur Bin Ops Satuan Narkoba Polres Labuhanbatu, Iptu P Purba selaku nara sumber dalam penyuluhan di 2 tempat tersebut, menjelaskan mengapa narkoba sangat berbahaya, karena memiliki daya adiksi/ketagihan sangat berat dan merusak susunan saraf. Bahkan ia juga menjelaskan berbagai jenis narkotika yang harus dijauhi oleh anak-anak.

Sedangkan Yeva E Yusuf dari Komisi Penanggulangan AIDS Labuhanbatu mengemukakan, virus HIV ini bisa menurunkan sampai merusak sitem kekebalan tubuh, setelah beberapa tahun jumlah virus semakin banyak sehingga sistem kekebalan tubuh tidak mampu lagi melawan penyakit yang masuk.

Yeva juga menjelaskan, bahwa HIV didapatkan di darah, cairan mani, cairan vagina dan air susu ibu. Bahkan cara penularannya melalui hubungan seksual dengan orang yang terpapar HIV (hetero/homo), penggunaan jarum suntik/alat tusuk yang telah tercemar HIV, bahkan ibu HIV positip ke bayinya.

Kegiatan penyuluhan narkotika dan HIV/AIDS yang bertemakan “Lindungi diri dari penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas, Narkoba No, Prestasi Yes” tersebut, turut dihadiri Kepala SMP Negeri 1 Pangkatan, Sugiarto dan Kepala SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Slameto. Kegiatan tersebut dirangkai dengan pengundian hadiah lucky draw, berupa tas dan sepatu sekolah.

Penulis: fendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan