Asahan, hetanews.com - Menghadiri pertandingan Piala Suratin U-17 di Kabupaten Asahan, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi menuturkan, perlu ditingkatkan pertandingan pemula dan siap bila didukung menjadi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Ini disampaikan Pangkostrad itu saat menghadiri pertadingan Piala Suratin U-17 antara Persatuan Sepak Bola Asahan (PSSA) melawan Persatuan Sepak Bola Medan dan Sekitarnya (PSMS) di Stadion Mutiara Kisaran, Jumat (21/7/2017).

“Pertandingan sepak bola pemula seperti ini patut diberi apresiasi. Bagi yang mau bermain juga harus terus ditingkatkan, baik kemampuan daya tahan tubuh dalam kesiapan saat bertanding, termasuk berlatih dengan sungguh sungguh,” ujar Edy.

Dia juga menuturkan, setiap Provinsi, Kabupaten/Kota hingga kecamatan di Indonesia harus terus mengalakkan kegiatan sepakbola kelas pemula seperti U-17.

“Bila pertandingan seperti ini digalakan maka akan tumbuh lah pemain sepak bola. Karena Indonesia sebenarnya memiliki ‘ladang’ sepakbola. Pertumbuhan pemain itu harus dari bawah ke atas, dengan cara ini maka kedepan Indonesia akan mencapai persepakbolaan ke level dunia,” ujarnya 

Disingung terkait namanya merupakan salah satu yang disebut-sebut akan maju menjadi Bakal Calon (Balon) Gubsu pada pemilihan tahun 2018 nanti, Edy mengatakan siap maju apabila masyarakat dan partai politik (parpol) mendukungnya. 

“Saya siap bila masyarakat Sumatera Utara menginginkan maju. Begitu juga dengan  partai politik di Sumut. Karena saya sudah melamar ke semua partai di Sumut,” ujar pria berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

“Apakah masyarakat Asahan siap mendukung saya,” ujarnya. Dan ini cmendapat sorakan dukungan dari para penonton di podium Lapangan Mutiara. “Siap dukung pak Edy,” ujar ratusan penonton. 

Sementara itu pertandingan sepakbola U-17 antara PSSA yang menjamu PSMS dengan waktu 2 X 45 menit itu berakhir dengan skor 2 (PSSA)-6 (PSMS).