Medan, hetanews.com- Gunung api Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus erupsi sejak dua pekan terakhir. Bahkan erupsi kali ini Sinabung terus mengeluarkan lava pijar, Sabtu (15/07/2017).

Informasi dari pos pengamatan gunung api (PGA), hari ini Sinabung dua kali erupsi yakni pada pukul 10.25 WIB dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer serta gempa selama 664 detik.

Erupsi yang lebih besar terjadi pada pukul 13.40 WIB. Erupsi itu meluncurkan awan panas denga jarak luncur 3.000 meter ke arah selatan serta lama gempa 305 detik.

"Pada erupsi kedua, terjadi guguran lava yang terus keluar dari Sinabung dengan arah luncur 3.000 meter ke selatan. Untuk abu vulkanik masih terus menerus ke arah timur-tenggara," ujar Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra.

Dia menjelaskan, pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG-Badan Geologi.

"Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung," imbau Armen.

Sumber: Okezone