HETANEWS

Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Belum Dikelola Baik Pemda Tobasa

Obyek wisata pantai Pasir Putih, di Desa Parparean II Porsea yang kaya akan potensi nuansa alamnya belum terkelola dengan baik oleh Pemerintah Tobasa.

Tobasa, hetanews.com- Kawasan pantai Pasir Putih, merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), namun belum dikelola secara baik oleh Pemerintah Daerah setempat.

Ironisnya, Dinas Pariwisata setempat justru kurang memperhatikan obyek wisata tersebut. Hal itu terlihat minimnya fasilitas pendukung, termasuk akses jalan menuju obyek wisata banyak yang dibiarkan rusak dan belum diaspal.

“Sangat disayangkan, obyek wisata pantai Pasir Putih belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Padahal jika dikelola dengan baik dipastikan akan menarik pengunjung wisata lokal maupun wisata internasional,”jelas Viktor Napitupulu, salah satu warga kepada hetanews. com, Jumat (14/07/2017).

Lebih lanjut dikatakanya,  pantai Pasir Putih di Desa Parparean II Kecamatan Porsea yang tidak jauh dari jalan lintas Sumatera (Jalinsum) melalui potensi nuansa alam yang mempesona, bisa menyokong dan menambah pendapatan asli daerah (PAD) setempat, terutama pendapatan masyarakat sekitar.

Dengan hamparan pasir putih yang mengkilap menyelimuti bibir pantai, serta didukung posisi pantai yang membujur. Dipastikan obyek wisata itu akan bisa semakin dapat menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Tapi, karena masih belum tersentuh pembangunan oleh pemerintah daerah, obyek wisata tersebut masih terlihat kaku melayani para pengunjungnya. Hal itu dibuktikan saban hari jumlah pengunjung yang ingin bersantai ria terlihat begitu sangat minim sekali.

"Kita tak habis pikir, akses jalan menuju obyek wisata saja masih kurang baik dan dibiarkan rusak parah. Padahal obyek wisatanya cukup bagus, dan diyakini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan,”beber Viktor memberi alasan.

Pantauan kru media ini sendiri, obyek wisata pantai Pasir Putih, dengan potensi alam yang ada seharusnya dapat menarik minat para wisatawan. Hanya saja, karena hamparan pantai yang masih belum terlihat belum bersih dan masih ditumbuhi ilalang, membuat lokasi wisata tersebut hanya dikunjunggi penduduk lokal saja. Mestinya, jika dikelola dengan baik, justru dipastikan akan bisa menarik pengunjung dari sejumlah daerah, maupun tamu tamu dari mancanegara.

Bila kita ingin bertandang kesana, menariknya jika didukung cuaca bersahabat. Obyek wisata pantai Pasir Putih dapat membuat kita kelelapan untuk pulang. Dihibur gulungan riak ombak kecil menuju bibir pantai yang saling kejar mengejar, pengunjung bisa terhibur dan dimanjakan, sebab melalui riak riak ombak yang jernih bisa dijadikan arena bermain untuk kaula muda maupun anak - anak.

Begitu juga, hamparan pasir yang begitu indah dan mengkilap yang menjulur di sepajang pantai dapat kita jadikan sebagai tempat jalan santai mengintari kawasan pantai bahkan untuk arena bermain pasir semua kalangan.

Nah, begitu kita lelah, para pelaku usaha berasal dari penduduk lokal siap menyapa dan menyuguhkan makanan dan minuman ringan berbagai jenis. Tenda dan warung yang dibangun bisa kita jadikan tempat istirahat untuk menikmati hembusan angin sepoi sepoi, seraya menunggu tenggelamnya sinar matahari sore.

Penulis: james. Editor: gun.