Aksi Pencurian Kerbau di Pollung Berhasil Digagalkan Polisi

Warga saat menemukan kerbau yang dicuri. (foto : Trendy)

Humbahas, hetanews,com - Maraknya aksi pencurian kerbau yang meresahkan warga di wilayah Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) selama beberapa waktu ini menjadi perhatian bagi pihak Polres setempat melalui Polsek Pollung.

Polsek Pollung melalui laporan warga Dusun IV Sibatu Paksa, Desa Huta Paung Induk, Kecamatan Pollung yang kehilangan hewan ternaknya pada Selasa (20/6/2017) sekira pukul 00.30 WIB.

Dari laporan tersebut, dilaporkan ada 4 ekor kerbau warga yang hilang. Yakni 1 ekor kerbau milik Maklum Manik, Lasmaida Lumban Gaol (2 ekor) dan Nurmaida Sinaga (1 ekor).

Pihak Polsek Pollung yang dipimpin langsung Kapolsek Iptu Nover Gultom bersama anggotanya dibantu masyarakat melakukan penyisiran ke seluruh lokasi sekitaran lokasi. Selanjutnya melakukan sweeping terhadap setiap mobil terutama jenis box, guna mempersempit ruang gerak pelaku.

Alhasil, setelah melakukan penyisiran dan sweeping selama kurang lebih 6 jam, sekira pukul 06.30 WIB, seluruh kerbau yang dilaporkan menghilang ditemukan sekitar 2 kilometer dari lokasi hilangnya, tepatnya di Dusun Simandampin, Desa Huta Paung Utara, Kecamatan Pollung.

Sayangnya, pelaku pencurian tersebut tidak berhasil ditangkap. Namun menurut Kapolsek Pollung, Iptu Nover Gultom bahwa pelaku diperkirakan sebanyak 4-5 orang.

"Subuh sekira pukul 00.05 WIB kita menerima laporan dari warga yang kehilangan 4 ekor kerbau. Kita langsung melakukan penyisiran dibantu warga dan melakukan sweeping terhadap kendaraan terutama berjenis mobil box. Beruntung sekira pukul 06.00 WIB kerbau-kerbaunya berhasil kita temukan. Namun kita belum bisa menangkap pelaku yang kita perkirakan ada 4-5 orang," terang Nover saat dikonfirmasi via seberang telepon.

Selama beberapa bulan terakhir ini warga telah diresahkan atas kejadian pencurian ternak kerbau tersebut. Warga juga berharap agar sindikat pencurian hewan ternak ini dapat segera ditangkap, karena sudah terlalu sering warga sekitar Kecamatan Pollung kehilangan hewan ternak tersebut.

"Kami selaku warga Kecamatan Pollung berharap agar para pelaku bisa segera ditangkap, ini jelas sangat meresahkan kami. Sudah terlalu sering kami kehilangan ternak kerbau, jadi pihak Kepolisian pun akan kami bantu untuk mengungkap ini," ujar Marbun, warga Kecamatan Pollung.

 

Penulis: Trendy. Editor: Aan.