Wabup Nias Buka Pelaksanaan Sosialisasi Manajemen PNS

Wakil Bupati Arosokhi Waruwu saat menyampaikan sambutannya. (foto : Soni)

Nias, hetanews.com - Wakil Bupati Arosokhi Waruwu membuka secara resmi pelaksanaan sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Nias tahun 2017.

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) F Yanus Larosa, Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Prastyono C Yulianto sebagai narasumber, Kepala Kantor PT Taspen (Persero) Cabang Gunungsitoli, Duhuzatulo Gulo, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat, Kepala UPT Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan bertempat di lantai III Kantor Bupati Nias, baru-baru ini.

Menurut Arosokhi, PNS sebagai aparatur negara merupakan unsur penggerak roda organisasi pemerintahan. Lanjutnya, PNS sebagai bagian dari aparatur sipil negara memiliki peran sentral dalam menentukan jalannya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Pemerintah memberikan perhatian penuh terhadap upaya-upaya peningkatan kinerja PNS, dengan melakukan pembenahan terhadap aturan-aturan kepegawaian. Ini dimulai dengan terbitnya Undnag-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara hingga Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Tuntutan UU ASN yang menekankan 3 aspek mutlak yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja,” sebutnya.

Manajemen PNS bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan tertentu.

Wakil Bupati Nias berpesan kepada para peserta untuk mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh. Ini termasuk mencermati dengan seksama setiap materi yang disampaikan narasumber, dan bilamana masih terdapat hal- hal yang belum dipahami agar dipertanyakan kepada narasumber yang telah hadir pada saat ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nias, Marulam Sianturi, menyampaikan, laporan pelaksanaan kegiatan sosialisasi itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nias Nomor 800/317/k/tahun 2017 tanggal 13 Juni 2017 tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian di lingkungan pemerintah Kabupaten Nias tahun anggaran 2017.

“Tujuan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para PNS di lingkungan Pemkab Nias terhadap aturan-aturan di bidang kepegawaian yang telah mengalami perubahan sejak diterbitkannya UU Nomor 5 Tahun 2014, sehingga PNS dapat memahami hak dan kewajibannya sesuai ketentuan yang berlaku,” sebut Marulam.

Penulis: soni. Editor: Aan.