Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Hetanews.com libur mulai tanggal 25 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Kami akan kembali tayang seperti biasa mulai tanggal 3 Juli 2017. Demikian pengumuman ini kami sampaikan kepada para pembaca Hetanews.com.

93 TKI Ilegal Diamankan Prajurit TNI AL

93 TKI Ilegal yang telah diamankan oleh TNI AL. (foto : Ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Petugas Lanal Tanjung Balai Asahan mengamankan 93 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan 3 balita karena mudik ke Indonesia dengan cara ilegal. Para TKI ini melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia dengan menumpang kapal nelayan KM Rezeki.

"Kapal tersebut dihentikan di perairan Sungai Silo, Asahan pada Minggu 18 Juni 2017 malam," kata Kadispen Lantamal I Belawan,  Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, Senin (19/6/2017).

Ia mengatakan, KM Rezeki pengangkut para TKI dihentikan patroli AL setelah curiga melihat kapal nelayan itu. Setelah diperiksa, di dalamnya terdapat puluhan TKI yang diangkut dari Malaysia.

Petugas kemudian menggiring kapal ke Mako Lanal Tanjung Balai Asahan. Mereka melakukan pendataan dan memeriksa barang yang dibawa dari Malaysia.

"Dari pendataan yang dilakukan, terdapat 73 TKI pria dan 20 wanita serta 3 balita. Tidak ditemukan barang terlarang," ujarnya.

Para penumpang kapal akan diserahkan ke Imigrasi Tanjung Balai. "Nahkoda kapal juga akan diproses Lanal Tanjung Balai Asahan, karena melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran," sebut Sahala.

Penulis: Ardiansyah. Editor: abn.