Ini Bukti JR Saragih Peduli dengan Kelompok Tani di Simalungun

Pembangunan jalan pertanian Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, hetanews.com - Program Bupati JR Saragih untuk membangun Kabupaten Simalungun di sektor pertanian saat ini dapat dirasakan pengaruhnya oleh para petani. 

Salah satunya adalah sarana dan prasarana jalan pertanian yang tengah dibangun di Kelurahan Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun.

Dalam mendukung dan memudahkan petani dalam mengakses hasil pertanian, Pemkab Simalungun melalui Dinas Pertanian (Distan) mencanangkan jalan pertanian kepada Kelompok Tani (Poktan) Sukatani I yang beranggota sebanyak 20 orang petani.

Jalan itu dibangun sepanjang 230 meter dengan lebar 3 meter. Dengan adanya jalan tersebut, tentu mengurangi pengeluaran atau kost petani dalam mengangkut hasil pertanian mereka.

Seperti yang dirasakan oleh salah seorang anggota Poktan Sukatani I, Jaderman Purba.
Kata Jaderman, sebelumnya para petani mengluh akibat sulitnya akses jalan masuk ke lahan pertanian mereka. Apalagi ketika musim panen tiba, mereka terpaksa menyewa transportasi tradisional untuk mengangkut hasil pertanian. Ditambah lagi, saat musim penghujan jalan setapak yang mereka lalui berlumpur dan digenangi air.

"Dulu ini hanya jalan setapak. Yang masuk cuman kereta kerbau. Kalau sepeda motor gak mampu karena jalanya licin apalagi musim hujan," ujar Jaderman Purba, saat ditemui dilokasi Jalan Pertanian Kelurahan Pematang Raya, Senin (19/6/2017).

Pria yang sudah menjadi petani sejak 30 tahun silam ini, ternyata sangat senang akan perhatian Pemkab Simalungun.

Selain menerima bantuan fisik yaitu jalan pertanian, Poktan Sukatani juga pernah menerima bantuan dari Distan Kabupaten Simalungun seperti bibit unggul dan pupuk. 

Ketua Poktan Sukatani I, Donald Viktor Purba menambahkan, sampai saat ini perhatian JR Saragih kepada petani khususnya di Kelurahan Pematang Raya dinilai memberikan pengaruh yang besar, terlebih untuk memudahkan para petani mengakses jalan pertanian mereka.

"Sampai saat ini perhatian pak JR di Kecamatan Raya tak diragukan lagi lah. Loyalitas kami pun sama Pak JR tidak diragukan lagi. Bagi kami, pak Bupati itu, baik kali sama kami. Pengaruhnya cukup besar," ungkapnya.

Poktan Sukatani I secara keselurahan mengelola tanaman hotikultura. Di sana tanaman cabai, jahe, jagung dan kopi adalah tanaman yang paling banyak dihasilkan para petani. Untuk pengerjaan jalan pertanian, dipastikan akan selesai pada bulan Juli nanti.

Penulis: tim. Editor: Aan.