Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Hetanews.com libur mulai tanggal 25 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Kami akan kembali tayang seperti biasa mulai tanggal 3 Juli 2017. Demikian pengumuman ini kami sampaikan kepada para pembaca Hetanews.com.

Divonis 5 Tahun Kasus Cabul SR, Wek Diancam 5 Tahun Kasus Ganja

Terdakwa Wek bersama dua rekannya usai divonis 5 tahun atas kasus pencabulan terhadap SR pada pekan lalu. (foto : BT)

Siantar, hetanews.com - Roy Immanuel Situmorang (35) alias Wek, satu dari lima pelaku cabul yang mendapat vonis 5 tahun kembali dihadapkan ke depan meja hijau Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Senin (19/6/2017). 

Pemuda asal Kecamatan Siantar Utara itu, kali ini diadili atas kepemilikan ganja seberat 17,10 gram.

Sidang dipimpin majelis hakim Pasti Tarigan beragendakan pledoi (nota pembelaan) terdakwa.

Wek bersama penasehat hukumnya, Try Octavianus Hutagalung mengajukan pledoi atas tuntutan 5 tahun penjara oleh penuntut umum yang dibacakan pada pekan lalu.

Dalam pledoinya, Try memohon majelis hakim memberikan hukuman dengan seadil-adilnya dan membebaskan terdakwa dari tuntutan pasal 111 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang dinilainya menzolimi terdakwa. Ia berujar terdakwa merupakan korban pengedar narkotika dan seyogianya diancam pasal 127.

"‎Dakwaan dan tuntutan yang dibuat jaksa adalah tidak menunjung tinggi azas keadilan. Penguasaan dan kepemilikan narkotika jenis ganja untuk maksud dan tujuan dipakai sendiri. Terdakwa menguasai memiliki 17,10 gram ganja untuk tujuan dikonsumsi dan dipakai sendiri. Sehingga penerapan pasal tersebut tidaklah pas atau keliru," ujarnya.

Ditambahkanya, menurut ‎impelementasi Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI)'mengeluarkan edaran Nomor 04 Tahun 2010 tentang penempatan penyalahguna, korban penyalahguna, dan pecandu narkoba ke dalam lembaga rehabilitasi medis dan sosial. Begitu juga diatur dalam intruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2011‎.

Sementara penuntut umum, Firdaus Maha menyatakan tetap pada tuntutannya menjerat Wek karena terbukti bersalah sebagaimana diatur Pasal 111 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009, dan menjatuhkan pidana 5 tahun penjara dengan denda Rp 800 juta‎ subsider 6 bulan kurungan.

Diketahui, Roy alias Wek ditangkap pada Desember 2016 yang lalu oleh petugas polisi atas kasus pencabulan terhadap pelajar SMA berinisial SR. Kasus ini pun menjeratnya 5 tahun penjara.

Hanya saja, ketika dibekuk Wek diketahui menyimpan lintingan ganja di dalam jaket yang dikenakannya. Petugas lalu melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Ridho Manurung (berkas terpisah) berikut barang bukti 19 paket ganja seberat 17.10 gram.

Baca juga : Turun 2,5 Tahun, 3 Terdakwa Pencabul SR Divonis 5 Kalender

Penulis: BT. Editor: abn.