Jelang Lebaran, Mayoritas Harga Sembako di Tobasa Relatif Stabil

Kepala Dinas Perindakop dan UKM Tobasa Marsarasi Simanjuntak saat melakukan sidak harga sembako di pasar tradisional Porsea. (foto : Tim)

Tobasa, hetanews.com - Sesuai pemantauan Dinas Perdangangan, Perindustrian dan UKM dipastikan harga sembako di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menjelang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi relatif tetap stabil. 

"Mayoritas harga sembako dan stok kebutuhan pangan di Tobasa masih mencukupi dan relatif stabil hingga lebaran. Hanya beberapa komoditas saja yang harganya sedikit naik, itupun ngak terlalu signifikan," kata Kepala Dinas Perindakop dan UKM kabupaten Tobasa Marsarasi Simanjuntak, saat melakukan sidak harga sembako di pasar tradisional Porsea baru -baru ini. 

Disampaikan, dari sekian banyak kebutuhan sembako yang dijual pada sejumlah pasar tradisional di kabupaten Tobasa, hanya 4 komoditas saja yang mengalami kenaikan yang tidak begitu signifikan seperti daging sapi kini dijual dengan harga Rp140 ribu/kg, daging ayam Rp 38 ribu/kg disusul bawang putih Rp30 ribu/kg serta tepung terigu Rp 11 ribu/kg.

Ia mengimbau agar warga tidak perlu khawatir kehabisan stok kebutuhan pangan karena mencukupi hingga Lebaran selesai. Jika diketahui ada oknum yang menimbun bahan pokok demi keuntungan pribadi, pihaknya akan segera menindak tegas.

"Kita akan selalu memantau sampai detik-detik akhir menjelang lebaran, biasanya H-2 itu harga tidak terkendali. Kami akan terjun langsung ke lapangan agar harga tetap terkendali," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan hetanews di sejumlah pasar tradisional, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok cenderung relatif stabil mulai dari telur ayam, cabai rawit dan cabai merah. Saat ini harga telur ayam ras dijual dengan harga Rp 32 ribu/piring, sementara cabai rawit Rp 10 ribu/kg dan cabai merah Rp25 ribu/kg.

Penulis: tim. Editor: abn.