Satpol PP Kota Siantar Tertibkan PKL di Jalan Patuan Nagari

Petugas Satpol PP dan Dishub Kota Siantar saat melakukan penertiban di Jalan Patuan Nagari. (foto : Ndo)

Siantar, hetanews.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Perhubungan Kota Siantar menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sisi kiri Jalan Patuan Nagari, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Senin (19/6/2017).

Selain PKL, kendaraan yang parkir di sisi kiri juga turut ditertibkan dan diarahkan ke sisi kanan Jalan Patuan Nagari. Turut juga Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kecamatan Siantar Utara dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kota Siantar.

Kepala Satpol PP Kota Siantar, Robert Samosir mengatakan, bahwa para pedagang dan parkir sangat kooperatif saat akan ditertibkan. Karena sebelumnya sudah ada surat pemberitahuan baik dari Kecamatan maupun dari tim Pemko Siantar yang turun ke lapangan beberapa waktu lalu.

"Penertiban khusus Jalan Patuan Nagari saja. Baik angkot atau angdes dilarang masuk dari Jalan Ade Irma ke Jalan Sisingamangaraja. Alternatifnya, masuk melalui Jalan Pendidikan ke Jalan Rela. Sosialisasi ini selama 30 hari. Selebihnya, bila dilarang maka akan dilakukan penindakan," tuturnya.

Petugas Satpol PP dan Dishub Kota Siantar saat melakukan penertiban di Jalan Patuan Nagari. (foto : Ndo)

Ditambahkan Sekretaris Satpol PP Siantar, Julham Situmorang mengatakan, penertiban ini dimulai sekira pukul 05.00 WIB, dengan melibatkan 20 personil Satpol PP, 20 petugas Dishub dan pegawai Kecamatan Siantar Utara.

"Penertiban ini menindak lanjuti arahan dari Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota untuk penataan PKL dan mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi. Pak Midian Sianturi (Kepala BP3D) selaku ketua tim yang memimpin," ujar Julham didampingi kabid Trantibun Abidin Damanik dan Arpin Sinaga.

Julham menegaskan, bahwa penertiban ini akan dilakukan berkelanjutan dan meminta peran serta masyarakat. "Hendaknya masyarakat sadar, bahwa jalan ini digunakan untuk  kepentingan umum," ujarnya.

Amatan kru media ini, personil Satpol PP dan Dishub berjaga-jaga di perempatan lampu merah Jalan Ade Irma-Jalan Patuan Nagari. Petugas melarang angkot masuk ke Jalan Patuan Nagari dan mengarahkan ke Jalan Pendidikan.

Penulis: Ndo. Editor: abn.