Dekat Rumah Mantan Wali Kota Siantar, Polres Simalungun 'Gulung' Bandar Narkotika

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat memaparkan kronolog ditangkapnya ketiga pelaku kasus narkotika. (foto : Zai)

Simalungun, hetanews.com - Polres Simalungun yang saat ini dipimpin, AKBP Marudut Liberty Panjaitan selaku Kapolres berhasil menggulung jaringan dan bandar narkoba jenis sabu dari tempat persembunyiannya di dekat rumah mantan Wali Kota Siantar di Mual Nauli, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar.

Keberhasilannya itu dipaparkannya, Selasa (13/6/2017) sekira pukul 09.00 WIB di ruang terbuka Satuan Lalu Lintas di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar.

Kedua pelaku, GD dan MP diringkus dari tempat persembunyiannya di Mual Nauli Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur merupakan pengembangan dari pelaku Rizal yang sebelumnya ditangkap di jalan Rajamin Purba Kota Siantar. Darinya diamankan 1 paket diduga narkotika jenis sabu dan 2 bungkus ganja.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan menerangkan bahwa para pelaku selalu berlindung dekat rumah rumah pejabat di Kota Siantar. Kedua pelaku hasil pengembangan diringkus di rumahnya GD, persis di sebelah kiri rumah mantan Walikota.

Menurut Kapolres, GD, merupakan keponakan Singa Siantar (Almarhum, AD) juga punya sabung ayam sekaligus menjual narkoba jenis sabu dan kasus tersebut masih dalam pengembangan yang hasil penjualannya masuk ke Kabupaten Simalungun.

Dari kedua pelaku pengembangan ini ditemukan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat lebih kurang 1 gram, ganja sebanyak 1 paket, 1 buah bong, dan 1 unit handphone (HP) merk Nokia.

Ketiga pelaku saat ini diamankan di Polres Simalungun untuk dilakukan proses penyidikan sesuai laporan polisi nomor polisi LP/115/VI/2017 tanggal 7 Juni 2017.

Dan terhadap ketiga pelaku diancam dengan pasal 114 ayat (1). Subs pasal 111 ayat (1) Subs 112 ayat (1) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2019 tentang Narkotika, dengan ancaman 20 tahun.

Penulis: Zai. Editor: abn.