DPRD Siantar Jangan Asal Omong Pindahkan STTC

Lokasi pabrik PT STTC di Jalan Justin Sihombing.

Siantar, hetanews.com  - Berkali-kali anggota DPRD Kota Siantar berkomitmen dengan berpendapat agar pabrik rokok PT STTC di Jalan Pdt Justin Sihombing, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur dipindahkan.

Pendapat ini sering dilontarkan anggota DPRD Siantar di Komisi III. Dengan berbagai alasan dan faktor, mereka berpendapat agar pabrik rokok itu dipindahkan dari lokasi tersebut.

Namun, pendapat-pendapat dari anggota DPRD tersebut ditentang karena tidak memiliki alasan dasar yang tepat. Hal ini dikatakan Sekretaris Eksekutif Goverment Monitoring (GoMo), Gunawan Purba.

"Jangan asal omonglah DPRD (Siantar) itu mau mindahkan STTC. Karena, mereka tak ngasih alasan yang berdasar. Apa sudah pernah rupanya dilakukan DPRD itu mendapat hasil dari lembaga penelitian tentang STTC itu?," ujarnya, Selasa (6/6/2017).

Setaunya, bahwa sampai saat ini, DPRD Siantar belum ada mendapatkan hasil dari lembaga penelitian tentang pabrik rokok yang telah memberikan dampak positif bagi pemerintahan Kota Siantar itu.

"Kalau cuma cuap-cuapnya, hahaha, sudahlah itu. Kalau soal bicara RTRW, apa semua sudah bagus RTRW Kota Siantar ini kalau hanya memindahkan STTC saja. Kan gak. Pakailah dasar kalau bicara," tutur Gunawan.

"Jangan hanya kasih masalah tanpa ada solusi. Mereka (DPRD) bilang pindahkan ke Tanjung Pinggir. Apa sudah pasti status kepemilikan lahan Tanjung Pinggir itu?. Sedangkan di rapat sama Pemko tadi, Tanjung Pinggir itu masih dalam proses. Belum bisa dipastikan kapan status kepemilikan lahan itu jelas," sambungnya.

Kata Gunawan proses mau memindahkan lokasi pabrik STTC itu tidak lah pekerjaan yang mudah. Selain ketersediaan lahan, juga pemindahan membutuhkan dana yang sangat besar.

"Sehingga pemerintah perlu mempertimbangkan dampak baik dan buruknya dari pemindahan. Yang pasti, STTC sudah pernah berbuat untuk Kota Siantar," tutup Gunawan.

 

Penulis: Ndo. Editor: Aan.