Penemuan Lintah, 2 Kementrian akan Turun ke Danau Toba

Holmes Larry Hutapea selaku inisiator Pejuang Danau Toba saat menunjukkan salah satu batu yang di duga terdapat lintah di kawasan Danau Toba, Rabu (22/2/2017). (foto:Lazuardy Fahmi).

Simalungun, hetanews.com -  Kondisi keadaan lingkungan Danau Toba yang disebut-sebut mengkhawatirkan, apalagi pasca ditemukannya spesies hewan baru menyerupai lintah.

Ini membuat Kementrian Koordinator Bidang Kemaratiman (Kemenko Kemaritiman) bersama Kementrian Lingkungan Hidup (Kementrian LKH) akan melakukan observasi terhadap lingkungan Danau Toba.

Michael salah satu pemerhati Danau Toba yang dihubungi hetanews, Jumat (17/03/2017) menyebutkan telah menyampaikan adanya hasil temuan hewan berbentuk lintah di Danau Toba.

“Saya sampaikan hasil foto yang kemarin itu ke Kementrian dan rencananya akan turun langsung ke Danau Toba, "sebutnya.

Michael menyebutkan rencananya 2 Kementrian itu akan turun langsung ke Danau Toba pada bulan depan. “Mereka berencana akan berada di Danau Toba selama 9 bulan. Jadi di sana mereka akan melakukan observasi tentang lingkungan Danau Toba,” ucapnya.

Michael menambahkan, bahwa Kementrian Lingkungan Hidup berencana menjadikan Danau Toba menjadi Danau Konversi. “Ada masukan Danau Toba juga mau dijadikan Danau Konversi, tapi itupun melihat perkembangannya nanti hasil observasi mereka,” sebut Michael.

Sebelumnya, salah seorang pemerhati Danau Toba, Holmes Hutapea sebagai inisiator Pejuang Danau Toba menemukan adanya hewan yang berbentuk seperti lintah di Danau Vulkanik itu. Penemuan itu sempat menjadi polemik, sebab Pemkab Simalungun melalui Bupati JR Saragih menyebutkan bahwa hewan tersebut adalah cacing dan bukan lintah.

 

Penulis: Tom. Editor: Aan.
Komentar 1
  • Paulina Silaen
    Hari ini tanggal 29 OCT 2017, saya mandi di danau Toba pantai long beach dekat kapal Fery, saat sy berenang dgn putri sy, sy melihat ada bpk2 yg sedang berenang memperhatikan tangannya sendiri, dan melihat ada cacing di jari jari tangannya, lalu dia bilang apa ini sepertinya ini Lintah, nah setelah sy mendengar kata2 Bpk itu sy langsung naik dan pergi ke pinggir pantai sambil jalan kaki, setelah sampai di tikar, kaki sy di penuhi cacing kecil kecil putih begitu. Sy langsung geli, untung putri sy dr tadi sy gendong gendong , kalo gak sy takut masuk ntah kemana mana cacing are lintah itu. Sy tidak ada fotonya Krn Pd saat itu semua keheranan dan tangan basah jd ga sempat utk abadikan..