Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Hetanews.com libur mulai tanggal 25 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Kami akan kembali tayang seperti biasa mulai tanggal 3 Juli 2017. Demikian pengumuman ini kami sampaikan kepada para pembaca Hetanews.com.

Terkait Putusan Kamal Munthe,  Junimart Girsang akan Surati MA

Junimart Girsang di Kejari Simalungun. (foto: ayu)

Simalungun, hetanews.com - Terkait putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Simalungun atas nama Kamaluddin Munthe yang divonis 1 tahun 2 bulan beberapa waktu lalu, Junimart Girsang akan menyurati Mahkamah Agung (MA) RI.

Demikian dikatakan Junimart Girsang kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) reses ke Kejari Simalungun, Kamis (9/3/2017). Disebut-sebut, Kamaluddin Munthe atau KM merupakan residivis dan bandar narkotika.

Menurut Junimart, fakta di persidangan tidak pernah muncul jika KM adalah seorang bandar narkoba. Fakta di persidangan, keterangan ahli yang didengar keterangannya menjelaskan bahwa KM merupakan pasien ketergantungan sesuai dokumen (bukti tertulis yang ada).

Sehingga jaksa menuntut 1 tahun 6 bulan sesuai dengan analisa evaluasi, sesuai fakta dan dokumen tidak berdasarkan keyakinan.

"Tapi hakim dapat memutus perkara dengan fakta juga keyakinan," kata Junimart.

Menurut Junimart, seharusnya hakim dapat menghukum terdakwa lebih dari tuntutan jaksa dan berkeyakinan bahwa KM merupakan residivis atau bandar.

Penulis: ay. Editor: abn.
Komentar 1