FUI Bersama Warga Silau Kahean Keberatan Penetapan Eksekusi Lanjutan

Ketua FUI Sumut, Indra Suheri berikan keterangan pada wartawan di PN Simalungun. (foto : Ayu)

Simalungun, hetanews.com - Ketua Forum Ummat Islam Indonesia (FUI) Sumut, Indra Suheri bersama warga Sidiam-Diam Nagori Bandar Maruhur, Kecamatan Silau Kahean mohon perlindungan hukum dan keberatan atas eksekusi lanjutan yang dimohonkan oleh pemohon Tina Venni Christi br Purba.

FUI bersama warga dan termohon eksekusi Sudirman Saragih meminta penjelasan kepada Ketua Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Selasa (7/2/2017).  

Namun, setelah menunggu beberap jam, utusan warga dan FUI tidak berhasil menemui Ketua PN Simalungun Lisfer Berutu, dengan alasan ada tim pemeriksa dari Jakarta. Rombongan hanya diterima Panitera Parulian Hasibuan di ruang kerjanya.       

Menurut Parulian, pihaknya akan berkoordinasi lagi untuk menerimatermohon bersama warga yang keberatan untuk dilakukan eksekusi lanjutan, karena sudah ada rumah ibadah berdiri di lokasi. “Kami akan menghubungi termohon setelah 5 hari, selesai pemeriksaan,” kata Parulian.   

Sudirman Saragih bersama warga hanya mempertanyakan objek terperkara seluas lebih kurang 40.000 m2 yang terletak di Sidiam-Diam telah dieksekusi dan diserahkan kepada pemohon secara baik dan kosong. Ini sesuai berita acara yang ditandatangani Panitera Jurusita, 2 saksi dari Pengadilan dan Wakapolres Simalungun selaku pengamanan juga kuasa pemohon eksekusi Efi Risa Junita.  

Namun PN Siantar telah menetapkan untuk melaksanakan penyempurnaan eksekusi berdasar Surat Ketua Pengadilan Tinggi (PT)Sumut dengan menyurati Ketua PN Simalungun untuk melaksanakan eksekusi tersebut. Padahal objek perkara sudah 2 kali dieksekusi pada 28 April 2008 dan 21 Agustus 2009 (terlampir berita acara).    

Diketahui, objek perkara berada di wilayah hukum PN Simalungun, tapi penanganan perkara adalah wewenang PN Siantar karena sudah perkara lama. PN Siantar telah memohon bantuan (delegasi) ke PN Simalungun untuk melaksanakan eksekusi lanjutan terhadap perkara perdata antara Tina Venni Christi br Purba (penggugat) melawan Sudirman Saragih (tergugat).

 

Penulis: ay. Editor: Aan.